Pemilihan Wagub DKI Cuma Diikuti 100 Anggota DPRD DKI Jakarta Tangkapan layar siaran langsung pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Senin (6/4/2020).(ANTARA/Livia Kristianti)

MerahPutih.com - DPRD DKI Jakarta memutuskan hanya 100 dari 106 orang anggota dewan yang berhak menyalurkan hak suaranya dalam pemilihan wakil gubernur (Wagub) DKI.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menjelaskan, keputusan itu diambil mengacu pada batas absensi yang ditutup pukul 10.00 WIB.

Baca Juga

PSI Kehilangan 6 Hak Suara Saat Pemilihan Wagub DKI, Kok Bisa?

"Saya minta kepada anggota dewan, absensi ditutup jam 10. Total dari pemilihan kali ini jumlahnya 100 apakah disepakati? Sepakat ya," kata Prasetyo sambil mengetok palu sidang di dalam ruang rapat paripurna pemilihan, Senin (6/4).

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. (Foto: MP/Asropih)
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. (Foto: MP/Asropih)

Mekanisme pengambilan suara sama seperti pemungutan suara pada ajang pemilu. Satu per satu anggota dewan pemegang hak suara dipanggil oleh Ketua Panitia Pemilihan Wagub DKI Farazandy Fidinansyah untuk maju ke depan.

Mereka kemudian diminta mengambil surat suara, lalu menuju bilik suara yang tersedia di sisi kanan dan kiri muka sidang.

Setelah menyoblos surat suara di balik bilik, yang bersangkutan diminta memasukkannya ke dalam kotak suara yang sudah disediakan.

Baca Juga

Akhirnya, Riza Patria Menang Pemilihan Wagub DKI

Adapun terdapat dua nama yang bertarung dalam memperebutkan jabatan wagub DKI yakni Ahmad Riza Patria dari Gerindra dan Nurmansjah Lubis dari PKS. (Asp)

Kredit : asropih


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH