Pemilihan Rektor UGM Akan Bebas Money Politik

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Jumat, 13 Januari 2017
Pemilihan Rektor UGM Akan Bebas Money Politik
Pemilihan Rektor UGM Akan Bebas Money Politic (MP/Fredy Wansyah)

Mulai pekan depan, 16 Januari, Universitas Gadjah Mada (UGM) akan membuka pendaftaran pemilihan rektor periode 2017-2022. Rencananya, pendaftaran akan dibuka hingga 17 April mendatang.

Ketua Panja (Panja) Seleksi Calon Rektor Prof Indarto DEA menyatakan semua orang yang memenuhi persyaratan bakal calon rektor boleh mendaftar.

"Informasi lengkap bisa diakses di http://seleksirektor.ugm.ac.id," papar Indarto saat konferensi pers pemilihan rektor UGM di Ruang Majelis Wali Amanat, Gedung Pusat UGM, Sleman, DI Yogyakarta, Kamis (12/1).

Setelah lulus administrasi, calon akan diminta untuk presentasi di depan Majelis Wali Amanat. Majelis tersebut kemudian akan menetapkan calon terpilih dari yang terbaik.

Anggota Majelis Wali Amanat UGM terdiri 19 orang dari berbagai unsur seperti Menristek Dikti, Sri Sultan HB X, unsur Rektor UGM, unsur alumni, tokoh masyarakat, dosen guru besar, dosen bukan guru besar, tenaga kependidikan dan unsur mahasiswa. Presentase suara terbanyak ada pada Kemenristek.

Sementara itu, salah satu anggota Panja, Arie Sujito menegaskan bahwa panja menjamin pemilihan rektor UGM ini tidak ada money politic.

"Semua dilakukan transparan dan tidak membeda-bedakan suku agama," katanya.

Menurut Arie, pemilihan ini nantinya juga dapat menjadi contoh pemilihan rektor yang transparan dan demokratis. Ia juga berharap, rektor terpilih merupakan rektor yang tidak membeda-bedakan etnis, suku, dan agama. (Fre)

Yuk lihat berita lainnya tentang kampus UGM, Direktur Pukat UGM: Pungli Tak Sesepele yang Dibayangkan.

#Universitas Gadjah Mada
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan