Pemilih Bisa Coblos di TPS Lain Jika Surat Suara Habis Komisioner KPU Viryan Aziz. (MP/Asropih Opih)

MerahPutih.Com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan pemilih bisa menggunakan hak pilihnya ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) lain jika Surat Suara (SS) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di TPS tempat pemilih mencoblos habis.

Namun, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Viryan Azis berkata, penunjukan TPS bagi pemilih yang kehabisan surat suara, harus melalui pelaporan pihak Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) terlebih dahulu. Sehingga, KPPS TPS domilisi akan berkoordinasi dengan KPPS yang ditunjuk.

Meski begitu, lanjut dia, prinsipnya Daftar Pemilih Khusus (DPK) dalam negeri harus sesuai dengan alamat pada KTP elektronik atau Surat Keterangan (Suket).

Ilustrasi TPS Pemilu di Kupang NTT
Ilustrasi TPS di Kupang, NTT (Foto: Antara)

"Bisa (pindah surat suara habis), bisa. Kan itu nanti KPPS kita yang akan urus," kata Virya di Jakarta, Senin (15/4).

Viryan pun mengakui, bila adanya kekurangan surat suara jelang Pemilu serentak 2019. Namun, pemilih tidak perlu khawatir, mereka tetap dapat menggunakan hak pilihnya di TPS lain.

BACA JUGA: Kubu Prabowo: Pak Jokowi, Jangan Terlalu Baik ke Tiongkok

Seusai Debat Terakhir, Pasangan Prabowo-Sandi Enggan Berkomentar Banyak

Advokat Pengawal Pancasila Dukung Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019

Lewat mekanisme yang telah dilakukan KPPS itu, Viryan menegaskan, pencoblos tidak perlu mendatangi TPS lain untuk menggunakan hak suaranya. Melaninkan, menunggu informasi dari petugas KPPS di TPS sesuai DPT.

"Nanti diarahkan oleh jajaran kami, bukan pemilihnya sendiri datang. Artinya, selama masih ada di satu desa atau kelurahan TPS, yang lain nanti bisa dipindahkan ke situ. Tapi, nanti diarahkan oleh petugas kami oleh KPPS di TPS," tutupnya.(Asp)

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH