Pemesanan Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran ke Yogyakarta Sudah Dibuka Para penumpang kereta api dari Yogyakarta (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.Com - Para penumpang kereta api tujuan Yogyakarta pada saat mudik Lebaran nanti tak perlu khawatir soal melonjaknya harga tiket. Pasalnya, penjualan tiket kereta lebaran dari dan menuju Yogyakarta sudah dibuka.

Kepala Manajer Humas PT KAI Daop 6 Solo- Yogyakarta, Eko Budianto menjelaskan tiket Kereta Api (KA) H-10 Lebaran atau tanggal 26 Mei 2019 sudah bisa dipesan mulai 25 Februari 2019. Pasalnya PT KAI menerapkan pemesanan tiket lebaran 90 hari atau 3 bulan sebelum keberangkatan.

"Ada 17 kereta api reguler yang melintas dan menuju stasiun Daop 6. Total jumlah tempat duduknya ada 24.956 buah,"ujar Eko di Yogyakarta, Selasa, (26/2).

Kereta Api reguler yang menuju dan melintasi Daop VI adalah KA Taksaka relasi Yogyakarta- Gambir, KA Sancaka relasi Yogyakarta- , KA Malioboro Express relasi Yogyakarta -Malang Kota KA Senja utama relasi Yogyakarta - Pasar Senen, KA Fajar Utama relasi Yogyakarta - Pasar Senen.

Para calon penumpang kereta api memesan tiket
Kesibukan para penumpang kereta api di Stasiun KA Yogyakarta (MP/Teresa Ika)

Adapula KA Gajah Wong relasi Lempuyangan- Pasar Senen, KA Bogowonto relasi Lempuyangan- Pasar Senen, KA Progo relasi Lempuyangan -Pasar Senen, KA Jaka Tingkir relasi Lempuyangan- Pasar Senen, KA Argo Lawu relasi Solo - Gambir, KA Argo Dwipangga relasi Solo- Gambir,

Selain itu KA Lodaya relasi Bandung- Solo, KA Senja Utama Solo relasi Solo-Pasar Senen, KA Sidomukti relasi Solo -Yogyakarta, KA Bengawan relasi Purwosari- Pasar Senen, KA Kalijaga relasi Solo- Semarang dan KA Sritanjung relasi Lempuyangan- Banyuwangi.

Ia menjelaskan pemesanan tiket dapat dilakukan di website KAI, KAI Access, mulai 25 Februari 2019 pukul 00.00 WIB. Selain itu tiket dapat dipesan melalui channel KAI lainnya seperti di toko berjejaring modern.

Harga tiket KA Lebaran tak jauh berbeda dengan harga tiket lebaran tahun 2018. Lantaran KAI masih menetapkan harga mulai tarif batas bawah dan tarif batas tarif atas.

KAI memperkirakan puncak Arus Mudik akan terjadi Rabu, 29 Mei 2019 (H-7) dan puncak Arus Balik diperkirakan akan terjadi pada Minggu, 9 Juni 2019 (H+3).

"Tanggal 29&30 Mei itu cuti bersama karena ada kenaikan Isa almasih dan liburan lainnya. Saya prediksi bakal banyak yang pesen tiket, "katanya.

Untuk itu ia mengimbau calon penumpang agar tidak mepet saat membeli tiket. Calon penumpang diminta segera merencakan perjalanan mudik dan memesan tiket di channel yang ada.

KAI turut menyiapkan 7 KA tambahan di DAOP 6. KA tambahan ini berkapasitas 8.344 kursi. ke 7 KA tambahan adalah KAI Argo Dwipangga relasi Solo-gambir, Argo Lawu relasi Gambir-Solo, Lodaya relasi Bandung-Solo, Mataram relasi Pasar Senin-Lempuyanga, Sancaka relasi Yogyakarta Surabaya Gubeng, Taksaka Malam relasi Gambir-Yogyakarta dan Taksaka Pagi relasi Yogyakarta-Semarang Poncol.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Masyarakat Diimbau Amankan Formulir C1 dan C7 Saat Pencoblosan

Kredit : patricia


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH