Pemerintah Upayakan Inisiatif Dana Global Seni dan Budaya di G20

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 12 September 2022
Pemerintah Upayakan Inisiatif Dana Global Seni dan Budaya di G20
Pembukaan acara Dialog Budaya Ruwat Nusantara yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek di Yogyakarta pada Minggu (11/9/2022). (ANTARA/Yuni Arisandy)

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tengah mengupayakan akselerasi pemulihan dampak pandemi COVID-19 pada bidang seni dan budaya.

Pemerintah menyuarakan pentingnya realisasi dana global untuk pemulihan seni dan budaya dalam pertemuan G20 di bidang kebudayaan.

Baca Juga:

Terminal VVIP Halim Perdanakusuma Siap Sambut Anggota G20

Inisiatif dana global untuk pemulihan seni dan budaya merupakan bagian dari upaya untuk mendorong akselerasi upaya pemberdayaan ekonomi berbasis seni dan budaya.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Hilmar Farid mengatakan, rangkaian pertemuan G20 di bidang kebudayaan penting dalam konteks pembangunan budaya.

"Pengembangan budaya tidak hanya menyangkut artefak atau benda budaya, tetapi juga para pelaku atau seniman budaya yang menciptakan, merawat, dan melestarikan," katanya.

"Oleh karena itu, sangat penting bagi para pengambil keputusan sektor budaya, khususnya negara-negara G20, untuk mendengarkan suara dan aspirasi para praktisi budaya, dan mencapai sebuah kebijakan yang mencerminkan aspirasi masyarakat," ia menambahkan.


Hilmar juga mengatakan bahwa rangkaian pertemuan G20 di bidang kebudayaan diharapkan dapat mempertegas peran penting budaya dalam upaya melestarikan bumi.

"Harapannya, melalui rangkaian kegiatan G20 bidang kebudayaan ini, Indonesia dapat mempertegas peran penting budaya dalam mencapai bumi lestari. Hal ini dapat dicapai dengan aksi nyata agar praktik hidup berkelanjutan dapat mendukung pemulihan perekonomian," katanya. (Asp)

Baca Juga:

SBY Bicara Soal Hobi Melukis hingga Presidensi G20

#G20 #KTT G20
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan