Pemerintah Tracking Orang yang Pernah Bersentuhan dengan Menhub Mensesneg Pratikno benarkan Presiden Jokowi larang menteri tinggalkan Jakarta selama sepekan ini (Foto Setkab.go.id)

Merahputih.com - Kementerian Kesehatan sudah melakukan tracking kepada orang yang pernah bersentuhan dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Juga sudah melakukan langkah-langkah berikutnya terutama melakukan tracking interaksi dan juga penanganan lebih lanjut. Jadi insyaallah semuanya akan baik-baik saja. Karena sekali lagi pemerintah akan dengan sigap untuk terus melakukan tracking sehingga dampaknya bisa dilokalisir," ujar Menteri Sekretaris Negara, Pratikno (14/3).

Baca Juga

DPR Desak Kemenkes Jangan Pasif Antisipasi Masuknya Virus Corona

Pratikno mengakui jika Budi Karya merupakan pejabat yang aktif menangani kasus corona.

"Tugas beliau sebagai Menhub memang menjadi terdepan dan beliau aktif menjadi bagian penting penanganan dampak Covid-19 ini," kata dia.

Menhub Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan langsung mengenai pengoperasian pertama Terminal 3 baru Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Selasa (9/8). (Foto MerahPutih/Rizky Fitrianto)

Menurutnya, aktifnya Budi itu termasuk soal proses evakuasi WNI yang dilakukan pemerintah terkait penularan virus corona di negara-negara lain.

"Sebagiaman saudara tahu, banyak sekali tentu saja tugas kemenhub yang terlibat mulai dari evakuasi dan lain-lain, mulai dari penyediaan fasilitas yang membutuhkan fungsi kemenhub. Sekali lagi ini keterlibatan beliau, kerja keras beliau luar biasa untuk menajdi bagian dari penanganan dampak," kata Pratikno.

Baca Juga

DPRD Desak Pemprov DKI Bentuk Tim Kecil Antisipasi Virus Corona di Jakarta

Sementara, Wakil Kepala RSPAD Gatot Subroto Brigadir Jenderal TNI Aloysius Budi Sulistya menduga jika Menhub Budi Karya tertular virus Corona karena kerap bersinggungan dengan lokasi-lokasi vital.

"Beliau salah satu pejabat yang memang banyak melakukan kunjungan termasuk mengunjungi tempat vital untuk masuk di negara kita," jelas dia. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH