Pemerintah Tentukan Awal Ramadan Jatuh pada Kamis 17 Mei 2018 Petugas Kementerian Agama Provinsi Aceh memantau hilal penetapan jadwal puasa 2018 di pesisir pantai Lhoknga, Aceh Besar, Aceh, Selasa (15/5). (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

MerahPutih.Com - Kementerian Agama menetapkan awal puasa 1439 Hijriyah pada Kamis (17/5) setelah melakukan sidang isbat yang diikuti perwakilan ormas, ahli astronomi, tamu undangan, dan lainnya di Jakarta, Selasa, (15/5).

Keputusan awal Ramadan tersebut dilakukan setelah pemerintah bersama sejumlah ormas Islam menggelar sidang Isbat di aula kantor Kemenag, Jakarta.

"Posisi hilal di bawah ufuk. Bulan Syahban kita genapkan dengan cara istiqmal menjadi 30 hari. Maka 1 Ramadan 1439 H jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kemenag.

Menteri Agama Lukman Saifuddin
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (Antara Foto/Saptono)

Sidang isbat penentuan awal Ramadan ini dihadiri duta besar negara-negara sahabat, DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

Hadir pula perwakilan Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas-ormas Islam, pejabat eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Sebagaimana diketahui bahwa penentuan awal Ramadan dilakukan Kementerian Agama dengan menggunakan metode Hisab dan Rukyat.

Mengamati hilal
Pengamatan hilal oleh tim Kemenag (ANTARA FOTO)

"Tujuannya adalah manyatukan metode hasil rukyat hilal dengan hisab, kemudian dimusyawarahkan atau didiskusikan lalu diputuskan awal Ramadan," kata Direktur Urusan Agama Islam Pembinaan Syariah Juraidi, di sela-sela sidang.

Diakuinya, perbedaan umat Islam terkait penentuan hilal biasa terjadi karena perbedaan persepsi penggunaan dua metode ini. Akan tetapi, di sidang Isbat ini, Kemenag berusaha mengakomodir kedua metode ini, yaitu rukyat (melihat bulan) dan hisab (metode penghitungan).

"Kita berusaha menyatukan dan menyepakati dua metode ini dalam penentuan awal Ramadan di sidang Isbat," terangnya.

Maka dengan pertimbangan tersebut diputuskan bahwa awal Ramadan 1439 atau puasa jatuh pada Kamis 17 Mei 2018.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Kemenag Gunakan Metode Rukyat dan Hisab Tentukan Awal Ramadan


Tags Artikel Ini

Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH