Pemerintah Tengah Rumuskan Mekanisme Pengangkatan Guru Honorer Konvoi demo guru honorer ke DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (15/9). (Foto: MerahPutih/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Rencana pengangkatan guru honorer sebagai PNS tak sedekar wacana belaka. Pemerintah kini tengah mendata jumlah seluruh guru honorer di Indonesia.

Menteri Pemberdayaan Aparatur negara dan Reformasi Birokrasi (PAN- RB), Asman Abnur mengatakan pihaknya sudah meminta Kemendikbud mendata secara rinci berapa jumlah guru honorer di tiap daerah. Tak hanya jumlah, data ini juga berisi rekam jejak sang guru seperti nama sekolah dan sudah berapa lama ia mengabdi sebagai guru.

"Guru honorer itukan awalnya dari sisa-sisa yang dulunya waktu dites tidak lolos ujian CPNS. Nah sekarang kita sedang minta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendata secara rinci mereka," tutur Asman di Yogyakarta, Selasa (13/2).

Selain itu Kemenpan RB juga meminta Kemendikbud merinci kriteria guru honorer seperti apa dan berapa banyak jabatan guru yang dibutuhkan. Asman berharap agar Kemendikbud bisa secepatnya mengumpulkan rincian data tersebut.

Data-data ini nantinya akan dipakai Kemen PAN- RB untuk merumuskan formula pengangkatan para guru honorer.

"Tentu saya harus berunding dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga bagaimana format penyelesaiannya (pengangkatannya)," pungkas politikus PAN ini.

Rencana pengangkatan ini dilakukan menyusul kurangnya guru berstatus PNS. Jumlah guru PNS yang pensiun tak sebanding dengan penerimaan guru baru. Selain itu pengangkatan status diharapkan bisa lebih mensejahterakan kehidupan para guru.

Rencana ini disebut-sebut sudah disetujui Presiden Jokowi.

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH