Pemerintah Siapkan Subsidi untuk Beli Kendaraan Listrik

Mula AkmalMula Akmal - Minggu, 20 November 2022
Pemerintah Siapkan Subsidi untuk Beli Kendaraan Listrik
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. ANTARA/HO-Kantor Staf Presiden

MerahPutih.com - Penggunaan mobil listrik kini tengah digencarkan di tanah air. Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengakui, pemerintah sedang menyusun skema-skema subsidi.

Subsidi dilakukan untuk membuat harga kendaraan listrik bisa lebih terjangkau di pasaran. Khususnya pasar kendaraan roda dua.

Baca Juga:

Pemprov DKI Bertahap Ganti Mobil Dinas ke Kendaraan Listrik

"Saat ini pemerintah telah siapkan beberapa insentif. Kami juga melihat apa yang terjadi di Thailand dan Vietnam insentif oleh pemerintah di sana apa," ungkap Moeldoko dalam acara sosialisasi konversi kendaraan listrik di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (20/11).

Pria yang juga Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) itu mengatakan subsidi akan diberikan pada pembelian maupun biaya melakukan konversi kendaraan listrik.

"Rencananya kami akan berikan subsidi, kepada yang mau konversi atau yang mau beli motor baru. Besarannya berapa mau dihitung," ujar mantan purnawirawan jenderal TNI ini.

Mantan Panglima TNI ini menyatakan saat ini ada dua hal yang sedang dialami pemerintah, yaitu besaran subsidi dan mekanisme pemberiannya.

Baca Juga:

Foxconn Pilih Batang Jawa Tengah Tempat Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik

Kemungkinan untuk besarannya akan melihat dari tenaga listrik dari kendaraannya atau watt-nya. Selain itu mekanisme pemberian subsidinya juga sedang digodok.

Terkait mekanisme pemberian subsidi kendaraan listrik, kata Moeldoko, akan memperhatikan sejumlah pihak yang akan terlibat, bengkel, yang memiliki sepeda motor, dan pemerintah. Hal itu juga masih dibahas dan diatur.

“Termasuk yang mau beli motor juga kapan diberikan subsidinya, apakah pada saat keluar BPKB-nya atau pada saat transaksinya dan sebagainya, ini sedang diatur,” ucap Moeldoko. (Knu)

Baca Juga:

Jokowi Bahas Ekosistem Kendaraan Listrik dalam KTT ASEAN-Jepang Ke-25

#Jenderal TNI Moeldoko #Kendaraan Listrik #Pemerintahan
Bagikan
Bagikan