Pemerintah Seleksi 1,6 Juta Tenaga Administrasi Jadi Tenaga Teknis Layanan PNS. (Foto: setkab.go.id).

MerahPutih.com - Pemerintah saat ini kekurangan pegawai yang mengerjakan teknis. Rencananya bakal ada pengalihan dari tenaga administrasi ke tenaga teknis. Paling tidak, sekitar 1,6 juta Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) berstatus sebagai tenaga administrasi akan mendapatkan program peningkatan kapasitas untuk mengisi kekurangan tenaga teknis.

“Pemerintah meningkatkan kapasitas tenaga-tenaga administrasi yang potensial, agar mereka memiliki kemampuan spesifik yang dapat mengisi (kebutuhan) tenaga-tenaga teknis yang masih sangat diperlukan,” kata Menpan RB Tjahjo Kumolo di di Jakarta, Senin, (3/8/2020)

Tjahjo Kumolo mengatakan, program akan diberikan kepada 1,6 juta ASN tenaga administrasi dengan penilaian akhir untuk menentukan lulus atau tidaknya ASN tersebut beralih ke tenaga tenis.

Baca Juga:

Tanpa Dapatkan Harun Masiku, Penangkapan Djoko Tjandra Tak Berarti Apa-apa

"Yang tidak bisa ya (tetap) mengisi posisi staf administrasi di semua tingkatan, baik K/L maupun daerah,” jelas Tjahjo.

Berdasarkan data Kementerian, saat ini setidaknya terdapat 4,2 juta ASN, yang 1,6 juta di antaranya merupakan tenaga administrasi baik di instansi pemerintahan pusat maupun daerah.

MenPAN RB
MenPAN RB Tjahjo Kumolo. (Foto: Antara).

Formasi ASN tenaga teknis yang diperlukan saat ini sebagian besar berada di sektor kesehatan dan pendidikan. Sehingga, tenaga administrasi yang ada saat ini berpotensi untuk dialihkan sebagai penyuluh di dua sektor tersebut.

“Dalam posisi seperti ini, seringkali tenaga administrasi mengisi kekosongan tenaga-tenaga yang masih kurang di daerah pedesaan,” katanya. (ARR)

Baca Juga:

Kemasan Menarik Dorong Peningkatan Penjualan Produk


Tags Artikel Ini

Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH