Pemerintah Pastikan Tanggung Biaya Rumah Korban Tsunami Sejumlah Desa mengalami kerusakan parah akibat diterjang tsunami vulkanogenik dari erupsi anak Krakatau yang berlokasi di Selat Sunda. Foto: MP/Rizki Fitrianto

MerahPutih.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan pemerintah akan membangun rumah buat para korban tsunami Selat Sunda yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

"Sedang saya pikirkan membangunkan rumah mereka. Pasti kita bantu. Pasti akan dibangun oleh pemerintah," kata Menteri Basuki, saat mengunjungi korban tsunami, di Lampung Selatan, Selasa (25/12).

Basuki mengatakan yang menjadi pemikiran pemerintah sekarang adalah lokasi pembangunannya, mengingat jika dibangun di lokasi pinggir pantai nanti pemerintah disalahkan membangunkan di daerah berpotensi tsunami.

"Hanya kita pikir, di mana tempatnya? Apa di tempat semula yang daerah rawan tsunami? 'Kan, bisa berulang. Pantai barat Sumatera memang berpotensi tsunami," katanya.

Kondisi Pasar Sumur usai diterjang tsunami, Foto: MP/Rizki Fitrianto
Kondisi Pasar Sumur usai diterjang tsunami, Foto: MP/Rizki Fitrianto

Sehubungan itu, mengenai lokasinya akan didiskusikan dengan pemerintah daerah bersama masyarakat.

"Akan kita diskusikan dulu dengan pak gubernur dengan masyarakat, di mana tempatnya," katanya.

Menurut dia, belajar dari Palu, Sulawesi Tengah yang terkena bencana likuifaksi, korban dibangunkan rumah di wilayah yang aman dari likuifaksi.

Sejumlah menteri Kabinet Kerja, yaitu Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita meninjau korban tsunami di Desa Way Muli, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan.



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH