Pandemi Corona

Pemerintah Mulai Rapid Test Corona Hari Ini

Eddy FloEddy Flo - Jumat, 20 Maret 2020
 Pemerintah Mulai Rapid Test Corona Hari Ini
Presiden Jokowi. Foto: ANTARA

MerahPutih.Com - Presiden Joko Widodo mengatakan tes cepat (rapid test) virus corona atau COVID-19 dimulai Jumat (20/3) hari ini. Jokowi menyebut, wilayah yang akan dites lebih dulu adalah daerah yang penyebarannya paling tinggi di Indonesia, yaitu Jakarta Selatan.

"Hari ini pemerintah telah mulai melakukan rapid test sebagai upaya untuk memperoleh indikasi awal apakah seseorang positif terinfeksi COVID-19 ataukah tidak," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (20/3).

Baca Juga:

Semua Kegiatan Misa dan Doa Harian Keuskupan Agung Jakarta Dihentikan Sementara

"Pemerintah memprioritaskan wilayah yang menurut hasil pemetaan menunjukkan indikasi yang paling rawan terinfeksi COVID-19," sambung Jokowi.

Pasien menjalani tes corona di RSPI Sulianti Saroso
Warga memeriksakan kesehatan di Pos Pemantauan Virus Corona RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Selasa (3/3/2020). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.

Selain itu, kata Jokowi, pemerintah telah memutuskan untuk melakukan desentralisasi tes yang memberikan kewenangann kepada laboratorium-laboratorium yang telah ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan.

Kemudian, pemerintah juga menyiapkan obat dari hasil riset dan pengalaman beberapa negara terdampak corona agar bisa digunakan untuk mengobati COVID-19. Namun, Jokowi mengingatkan obat itu harus sesuai dengan resep dokter.

"Obat tersebut akan sampai kepada pasien yang membutuhkan melalui dokter keliling dari rumah ke rumah, melalui rumah sakit dan puskesmas di kawasan yang terinfeksi. Saya sudah minta kepada BUMN farmasi yang memproduksi ini untuk memperbanyak produksinya," ujarnya.

Jokowi menyebut pemerintah juga sedang mempersiapkan infrastruktur-infrastruktur pendukung yaitu rumah isolasi dan rumah sakit. Wisma Atlet Kemayoran siap dijadikan rumah sakit darurat Covid-19 dan juga sebagai rumah isolasi pada Sabtu (21/3) malam.

Baca Juga:

Solo KLB Corona, Kemenag Masih Perbolehkan Umat Islam Salat Jumat di Masjid

Sedangkan, Pulau Sebaru dan Pulau Galang juga disiapkan untuk menjadi ruang karantina dan observasi dan isolasi. Untuk Pulau Galang akan selesai dibangun pada Sabtu (28/3).

"Kapasitas rumah sakit rujukan akan terus ditingkatkan dan ditambah. Baik dari sisi ruang, sisi peralatan dan SDM. Rumah sakit TNI, Rumah Sakit Polri dan Rumah Sakit BUMN yang ada di daerah-daerah terinfeksi juga telah disiapkan sebagai RS Covid-19. RS swasta juga akan diajak serta untuk berpartisipasi dan ditingkatkan kemampuannya," kata Jokowi. (Pon)

Baca Juga:

Kemenhan Siapkan Pesawat Militer untuk Angkut Alat Kesehatan dari Shanghai

#Pasien Corona #Presiden Jokowi #Virus Corona #Penyakit Corona
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan