Pemerintah Monitor Penutupan Gerai Terdampak Belanja Online Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

MerahPutih.com - Perubahan pola belanja masyarakat, yang mulai mengandalkan cara elektronik dan tidak lagi hadir langsung ke toko penjualan menjadi perhatian Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Hal itu berkaitan dengan tutupnya sejumlah gerai di Jakarta.

"Kita akan terus memonitor perubahan dari perekonomian yang diakibatkan suatu era digitalisasi," kata Menkeu Sri Mulyani seperti dikutip Antara di Jakarta, Selasa (24/10).

Beberapa ritel besar yang mulai menutup gerai di berbagai lokasi, yang diduga terjadi karena adanya perubahan pola konsumsi maupun belanja masyarakat, yang mulai memanfaatkan belanja secara daring (online).

Sri Mulyani memastikan perubahan pola tersebut akan menjadi perhatian serius pemerintah, agar penutupan gerai tersebut tidak menimbulkan persepsi negatif terhadap daya beli masyarakat maupun kondisi perekonomian secara keseluruhan.

"Jadi dalam hal ini adanya ritel yang berubah bentuknya atau dalam hal ini secara fisik tutup tapi kemudian pindah ke online atau dari awalnya online, itu semua menjadi salah satu perhatian kita," kata Sri. (*)



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH