Pemerintah Minta Kontraktor Kebut Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed

Mula AkmalMula Akmal - Jumat, 04 November 2022
Pemerintah Minta Kontraktor Kebut Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed
Masjid Raya Sheikh Zayed, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Kamis (3/11). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Dirjen Cipta Karya Kemen PUPR, Diana Kusumastuti bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming meninjau pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

Dalam kunjungan itu, ada sejumlah pekerjaan yang harus segera dikebut penyelesaiannya sebelum diresmikan pada 17 November mendatang oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga:

Percantik Masjid Raya Sheikh Zayed, Pemkot Solo Kucurkan Rp 600 Juta

"Pekerjaan sudah sesuai jadwal tinggal menyelesaikan pekerjaan kecil saja," kata Diana, Kamis (3/11).

Ia mengatakan, pengecatan sejumlah pintu, perampungan langit-langit, penataan pertamanan, hingga perampungan sejumlah beutifikasi di area luar masjid sudah dilakukan. Meski demikian, pemerintah optimis semua itu rampung sebelum peresmian di 17 November mendatang.

"Bagian luar kita tambah hijau-hijaunya biar kelihatan asri. Beberapa ruang terbuka ada keluhan tempias, solusinya diberi kaca. Sudah dikomunikasikan karena tidak menyalahi," kata dia.

Terkait desain tampias, Diana mengatakan, sudah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pihak EUA. Dengan adanya tampias, bagian ruang terbuka jika terjadi hujan, tidak kehujanan.

Baca Juga:

Ridwan Kamil Kasih Nilai 9 untuk Masjid Jokowi Hadiah Pangeran UEA

Rencananya, Masjid Raya Sheikh Zayed akan diresmikan Presiden Jokowi dan Putra Mahkota UEA Mohammed bin Zayed Al-Nahyan, setelah menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) G20.

Diketahui, Masjid Sheikh Zayed dibangun dua lantai, dengan luas bangunan utama masjid sekitar 8.000 meter persegi.

Masjid tersebut dilengkapi ruang VIP, perpustakaan seluas 20 meter persegi, serta basement yang digunakan untuk tempat wudu putra dan putri.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan memastikan pekerjaan bisa selesai tepat waktu. Termasuk untuk mempercantik bagian luar masjid juga sudah dilakukan.

"Tenang saja bisa selesai tepat waktu. Besok Jumat rencana Pak Menteri PUPR juga meninjau masjid," katanya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Percantik Masjid Raya Sheikh Zayed, Pemkot Solo Kucurkan Rp 600 Juta

#Masjid #Pemerintahan #Solo
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan