Pemerintah Jemput 250 WNI di Wuhan

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 01 Februari 2020
Pemerintah Jemput 250 WNI di Wuhan
Pesawat A-330 milik Batik Air melakukan persiapan untuk menjemput warga negara Indonesia di Wuhan, China, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (1/2/2020). Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Pemerintah telah melepas tim evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan, China. Pelepasan ini berlangsung di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng, Tanggerang.

Pelepasan 42 orang tim evakuasi WNI ini dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Terawan, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

Baca Juga

Pemerintah Berangkatkan 42 Orang Tim Evakuasi WNI di Wuhan

Menteri Retno mengatakan, tim evakuasi itu akan mengangkut sebanyak 245 warga Indonesia di Wuhan dan 5 orang tim dari pemerintah yang sejak beberapa waktu lalu diberangkatkan ke sana untuk bekerja memeriksa kesehatan WNI.

"Jumlah yang akan naik dari wuhan adalah 250 orang. 245 WNI + 5 tim kita yang sudah ada dilapangan dari sejak kemarin ikut pulang untuk menjalankan protokol kesehatan," kata Retno di Ruang VIP Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Sabtu (1/2).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Terawan melepas 42 orang tim evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan, Tiongkok, Sabtu (1/2). Foto: MP/Asropih
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Terawan melepas 42 orang tim evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan, Tiongkok, Sabtu (1/2). Foto: MP/Asropih

Retno mengatakan, penjemputan itu merupakan misi mulia yang harus pemerintah jalankan. Untuk itu tim evakuasi harus bekerja dengan penuh kedisplinan.

"Pesan saya yang akan berangkat, tetap semangat semua dari kita harus semangat dan kita harus sehat," jelas Menteri Retno.

Tak lupa Retno pun meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mendoakan tim agar bisa membawa WNI pulang dengan selamat dan sehat.

"Saya sekaligus mohon doa seluruh rakyat Indonesia, untuk warga negara kita dan untuk Indonesia," tutupnya.

Baca Juga

Wabah Virus Corona, Pemerintah Selektif Terima Impor Makanan dan Minuman dari Tiongkok

Tim evakuasi WNI di Wuhan berangkat menggunakan air bus 330 milik maskapai swasta, Batik Air. Tim evakuasi itu menjemput menggunakan pakaian medis lengkap warna putih yang menutupi seluruh anggota tubuh lengkap dengan masker dan kacamata.

Selain itu, empat orang perwakilan dipasangi ban di lengan berlambang Indonesia secara simbolis. (Asp)

#Virus Corona
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan