Pemerintah Janjikan Subsidi Pangan bila Ada Kenaikan Harga Jelang Nataru

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 05 Desember 2022
Pemerintah Janjikan Subsidi Pangan bila Ada Kenaikan Harga Jelang Nataru
Mendag Zulkifli Hasan. (Sinta Ambarwati)

MerahPutih.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag)menyatakan telah mengantisipasi ancaman lonjakan harga-harga bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kemendag berjanji akan memberikan subsidi baik untuk harga maupun untuk biaya logistik bahan pokok jika terjadi kenaikan harga.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) memastikan, barang kebutuhan pokok akan terus tersedia menjelang peringatan hari besar keagamaan Natal dan Tahun Baru.

"Pemerintah menjamin ketersediaan barang pokok dan jika ada kenaikan harga, langsung disubsidi melalui pemerintah daerah," lanjut Mendag Zulkifli Hasan.

Baca Juga:

Mendag Pastikan Harga Pangan Stabil Jelang Libur Nataru

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini menegaskan bahwa harga barang bapok secara umum stabil dan stok aman. Hal tersebut diungkapkan pasca-melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah mengecek harga dan pasokan barang kebutuhan pokok.

"Secara umum harga barang kebutuhan pokok stabil dan pasokannya cukup," jelasnya.

Kendati demikian, Zulhas mengajak seluruh pemangku kepentingan di bidang barang bapok untuk menjaga inflasi pangan. Komitmen ini menjadi penting karena sebentar lagi akan berlangsung Natal yang diikuti Tahun Baru.

Baca Juga:

Warga Solo Keluhkan Harga STB Melambung Tinggi

Ia pun berharap pemerintah bersama para pemangku kepentingan dapat menjaga laju inflasi bahkan sampai bulan puasa dan Lebaran tahun depan.

"Saya mengajak seluruh pemangku kepentingan yang ada, baik pemerintah daerah, asosiasi, serta badan-badan usaha milik negara (BUMN) di bidang pangan untuk sama-sama bersiap menghadapi momen Nataru yang diikuti dengan puasa dan Lebaran. Kita perlu bersama-sama menjaga inflasi harga-harga bapok pada HBKN," ucapnya. (Asp)

Baca Juga:

Airlangga Klaim Dampak Naiknya Harga BBM Telah Mereda

#Zulkifli Hasan #Kenaikan Harga-Harga
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan