Pemerintah Jamin Mudik 2017 Berjalan Aman Diskusi tentang mudik-balik Lebaran di Galeri Nasional Indonesia, Kamis (22/6). (MP/Fadhli)

Pemerintah menegaskan pelayanan maksimal terhadap masyarakat yang akan melakukan giat mudik Lebaran 1438 H. Di bawah koordinator Kemenko Maritim dan jajarannya, pemerintah menjamin arus mudik dan balik Lebaran berjalan dengan aman.

"Pemerintah berkomitmen untuk menjamin mudik Lebaran tahun ini berjalan dengan selamat, aman dan nyaman. Kami ingin masyarakat yang mudik merasa enjoy dalam perjalanan," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, saat diskusi di Galeri Nasional Indonesia, Kamis (22/6).

Guna memastikan penyelenggaraan mudik berjalan lancar, Menhub meminta penyelenggara memastikan dan mengidentifikasi faktor utama keselamatan transportasi.

Pertama, kesiapan sarana transportasi, kedua kesiapan prasarana transportasi dan ketiga perilaku berkendara.

Menhub juga menjelaskan harapannya agar seluruh penyelenggara transportasi berkomitmen mewujudkan mudik yang selamat, guyub dan rukun.

"Maksudnya adalah menyelenggarakan mudik dengan selamat dan baik. Menyelesaikan permasalahan mudik secara bersama-sama," ungkap Budi.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan, guna ikut mengamankan proses mudik lebaran tahun ini, jajarannya telah menyebar tim medis di setiap titik dan posko kesehatan.

"Meski layanan sudah maksimal, pemberitahuan sudah ada, tapi pemudik tidak disiplin, resikonya tetap ada, jadi intinya untuk keselamatan, pemudik harus disiplin," ujarnya. (Fdi)

Baca juga berita lain tentang mudik Lebaran dalam artikel: Kendaraan Pemudik Tol Cipali Terus Meningkat



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH