Pemerintah Jadikan Sektor UMKM sebagai Prioritas Utama PEN

Mula AkmalMula Akmal - Selasa, 26 April 2022
Pemerintah Jadikan Sektor UMKM sebagai Prioritas Utama PEN
Menaker Ida Fauziyah. (ANTARA/HO-Kementerian Ketenagakerjaan)

MerahPutih.com - Pandemi COVID-19 memberikan pukulan berat pada perekonomian, termasuk bagi sektor UMKM.

Survei yang dilakukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) terhadap UMKM menunjukkan 94 persen usaha mengalami penurunan penjualan, bahkan penurunan penjualan lebih dari 75 persen dialami oleh lebih dari 40 persen UMKM dari berbagai kelas usaha.

Baca Juga:

Ida Fauziyah Berjanji Perhatikan Nasib Perempuan

Hal ini berdampak pada tenaga kerja yang bergerak di sektor UMKM, khususnya tenaga kerja wanita yang cukup besar jumlah dan proporsinya di sektor UMKM.

Demikian, disampaikan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah pada acara Focus Group Discussion dengan tema "Gema Ramadhan Bersama UMKM Kartini Jawa Timur" secara virtual, Selasa, (26/4).

"Melihat besarnya dampak yang dialami oleh sektor UMKM dan besarnya signifikansi sektor UMKM bagi perekonomian masyarakat Indonesia, pemerintah menjadikan sektor UMKM sebagai salah satu prioritas utama dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," kata Ida.

Menaker mengungkapkan, Kementeriannya terus melakukan program pengembangan perluasan kesempatan kerja berupa program bantuan kewirausahaan yang diberikan pada kelompok UMKM di berbagai daerah.

“Banyak dari paket bantuan tersebut diberikan kepada kelompok perempuan sehingga mereka dapat kembali terberdayakan serta membantu membangkitkan perekenomian keluarga dan masyarakat di daerahnya masing-masing,” ungkapnya.

Baca Juga:

Bentuk Relawan Super Jokowi, Ida Fauziyah Siap Lawan Sudirman Said di Pilpres 2019

Ia menambahkan, pihaknya juga akan terus menggenjot pelatihan untuk peningkatan kompetensi dan kualitas pekerja di masa pandemi.

"Banyak jurusan pelatihan yang kami miliki merupakan jurusan yang menunjang kompetensi bagi pekerja di sektor UMKM," ujar Menaker.

Menaker menyebut, dengan semakin tumbuh dan majunya UMKM terutama di era digital ini maka diharapkan akan banyak perempuan yang bisa ikut masuk ke pasar kerja dan berkontribusi pada perekonomian.

"Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi kegiatan FGD bersama UMKM Kartini Jawa Timur sebagai kegiatan konkrit untuk mendukung kiprah UMKM sebagai ujung tombak perekonomian Indonesia," pungkasnya. (Pon)

Baca Juga:

Ida Fauziyah Jadi Menteri Keempat Jokowi yang Positif Corona

#Kemenaker #Ida Fauziah
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan