Pemerintah India: Kotoran Sapi Bisa Mengurangi Radiasi Ponsel Sebuah Chip dari kotoran sapi diklaim bisa mengurangi radiasi ponsel (Foto ANI)

VALLABHBHAI Kathiria, Ketua Badan Federal Bidang Peternakan di India, baru-baru ini memicu kontroversi di kalangan masyarakat India. Karena mempromosikan teknologi chip kotoran sapi yang diklaim bisa mengurangi radiasi ponsel dan melindungi pengguna dari penyakit.

Dinamakan 'Gausatva Kavach', serpihat kotoran sapi itu dibuat oleh Shrijee Gaushala (penampungan sapi) yang berbasis di Rajkot. Hal itu dilakukan sebagai bagian dari insiatif untuk mempromosikan produk kotoran sapi.

Baca Juga:

Kamera Ponsel Ini Bisa Dicopot

Tujuannya yakni agar 500 gaushalas menghasilkan serpihan kotoran sapi anti-radiasi, yang harganya antara USD 0,70 - USD 1,40 atau sekitar Rp10 ribu - Rp20 ribu.

Melalui Rashtriya Kamdheni Aayoghe (RKA), badan federeal di bidang pertenakan, Pemerintah India juga ingin memopulerkan chip kotoran sapi di luar India. Mereka berencana menjual produknya ke luar negeri, termasuk ke AS.

"Kotoran sapi itu anti radiasi, bila kamu membawa pulang ini dan meletakannya pada ponselmu, ponsel akan menjadi bebas dari radiasi," ucap Ketua RKA Vallabhbhai.

"Kamu bisa menguji kefetifannya di laboratorium mana pun bahkan di perguruan tinggi," lanjutnya.

Para ilmuwan mempermasalahkan pernyataan pejabat India itu, dengan mengatakan bahwa tes ilmiah yang ketat, termasuk studi peer review, dibutuhkan untuk membuktikan kualitas penyerapan radiasi dari kotoran sapi.

Baca juga:

Layar Pemulihan Otomatis untuk Ponsel Lipat Apple

Banyak umat Hindu India percaya, bahwa produk sampingan sapi bisa meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan, tetapi sebagian besar klaim masih belum teruji oleh sains modern.

Namun, hal tersebut tak menghentikan orang-orang seperti Kathiria untuk mempromosikan kotoran sapi sebagai produk ajaib.

"Kotoran sapi ini akan melindungi semua orang, ini anti radiasi, sudah dibuktikan secara ilmiah. ini merupakan chip radiasi yang bisa digunakan pada ponsel untuk mengurangi radiasi. dan akan membuatmu aman dari penyakit" ucap Kathiria pada kantor berita ANI.

Bila kamu khawatir tentang radiasi ponsel pintar, tak perlu membeli tin foil hat atau stik USB anti-5G yang mahal. Kami bisa mendapatkan chip kotoran sapi dengan harga kurang dari satu dolar saja. (Ryn)

Baca juga:

Penelitian: COVID-19 Bisa Bertahan di Layar Ponsel Selama 28 Hari

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH