Pemerintah Harus Tingkatkan Populasi Sapi

Luhung SaptoLuhung Sapto - Rabu, 24 Februari 2016
Pemerintah Harus Tingkatkan Populasi Sapi
KM Camara Nusantara I Surabaya tiba di Dermaga 107 pelabuhan tanjung priok, Jakarta Utara, Jumat (11/12). (Foto: MP/Yohanes Abimanyu)

MerahPutih Bisnis - Dalam upaya mengoptimalkan pengadaan dan menjaga kestabilan harga daging sapi, pemerintah mengambil langkah dengan menyediakan kapal ternak. Akan tetapi, pengadaan kapal ternak dianggap belum optimal mengatasi kelangkaan daging sapi

Ketua Komite Daging Sapi Jakarta Raya, Sarman Simanjoran menilai langkah pemerintah membuat kapal ternak tersebut sangat bagus. Hal ini tidak terlalu membawa dampak signifikan dalam memenuhi kebutuhan daging sapi.

"Keberadaan kapal ternak sangat membantu dalam mendistribusikan daging sapi ke beberapa daerah di Indonesia. Hal ini dapat menekan cost pengeluaran untuk biaya transportasi," kata Sarman saat memberikan penjelasan dalam diskusi HIPMI "Mau Dibawa ke Mana Industeri Sapi dan Daging Sapi Indonesia", di Gedung Berdikari, Jakarta Selatan, Rabu (24/2).

Sarman menambahkan, pihaknya mengimbau pemerintah tak hanya memikirkan rencana jangka pendek terkait pendistribusian sapi. Akan tetapi, harus dipikirkan pula rencana jangka memenuhi kebutuhan daging agar dapat terpenuhi terus.

"Sapi di daerah sentra peternakan seperti NTT dan NTB itu punya masyarakat. Dalam sekali angkut mereka harus mengumpulkan 500 ekor sapi dari masyarakat dan kalau dua kali angkut berarti 1.000 ekor dalam sebulan. Ya bakal habis stok sapi di daerah tersebut jika tidak diimbangi dengan peningkatan populasi sapi dan target jangka panjang meningkatkan populasi harus menjadi prioritas pemerintah juga," terangnya.

Menurut Sarman, saat ini pemerintah harus terus meningkatkan populasi sapi. Kalau populasi sapi tidak diperhatikan serius maka hanya mampu bertahan dalam waktu 3-5 tahun ke depan akan habis.

"Jadi pemerintah harus menjaga keberlangsungan kapal ternak agar dapat berfungsi secara optimal. Selain itu, untuk menjaga populasi sapi agar tidak terjadi kelangkaan daging sapi di Indonesia dan perlu ada upaya jangka pendek, menengah dan panjang dari pemerintah," tandasnya. (Abi)

BACA JUGA:

  1. Swasembada Daging Sapi Terkesan Dipaksakan
  2. Paket Kebijakan IX, Pemerintah Perluas Negara Pemasok Impor Sapi 
  3. Kapal Ternak Belum Efektif Turunkan Harga Daging Sapi
  4. Kemendag Terbitkan Izin Impor 198.000 Sapi Bakalan
  5. Kapal Ternak Jokowi Pangkas Biaya Pengiriman Sapi Rp1,48 Juta/Ekor
#Harga Daging Sapi #Kapal Ternak #Swasembada Sapi
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan