Pemerintah Fokus 225 dan Proyek Strategis Nasional Rakornas Kadin BUMN di Jakarta (Foto: MP/Yohanes Abi)

MerahPutih Keuangan - Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas Dwiyanto Eko mengatakan saat ini pemerintah fokus dalam 225 proyek dan 1 program yang berefek strategis.

"Jadi total ada hampir ada 1600 proyek skala nasional. Presiden meminta seluruh perangkat kerja (gubernur, Bupati, polisi, de el el) di Indonesia untuk mengawal proyek strategis nasional," kata Dwi saat ditemui usai acara Rakornas Kadin, Jakarta Pusat, Kamis (24/11).

Dwi menjelaskan sekarang penilik proyek bisa menggunakan uang sendiri terlebih dahulu untuk misalnya membebaskan lahan untuk jalan tol. Nanti baru pemerintah membayarnya dibelakang.

"Untuk dana yang sudah disediakan yakni 16 triliun tahun ini, 20 triliun tahun depan. Lebih fokus lagi, pemerintah memperkecil fokusnya jadi 60 program.Dari total 1000 program yang ada, pemerintah sudah menyiapkan hingga Rp2000 triliun," jelas Dwi.

Menurutnya, Sri Mulyani selama 10 tahun melihat Indonesia, dia hanya mendapati 9 PPIP yang selesai. Namun saat dia masuk kembali ke pemerintahan Indonesia, beliau baru sadar jumlah tersebut sebenarnya banyak.

"Pembebasan di Kulonprogo hanya membutuhkan 2 bulan saja. Bahkan sama sekali tidak menimbulkan polemik," tandasnya.(Abi)

BACA JUGA:

  1. Kadin Soroti Penguatan KPPU Bisa Minimalisir Praktek Kartel dan Monopoli
  2. Hasil Rakernas Kadin Bidang UMKM Dikirim ke Pemerintah
  3. Kadin Terus Berupaya Mengkoordinasikan UMKM dan Ekonomi Kreatif
  4. Kadin Bakal Bantu Kesulitan dan Permasalahan Pelaku UMKM
  5. Kadin Memperdiksikan UMKM di Tahun 2016 Akan Terus Meningkat

 



Eddy Flo

YOU MAY ALSO LIKE