Pemerintah Disalahkan Karena Rizieq Enggak Pulang-Pulang dari Arab Saudi Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab saat memberikan keterangan kepada wartawan usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jakarta. ( ANTARA FOTO/Reno Esnir/Dok )

Merahputih.com - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyebut pemerintah gagal memulangkan Rizieq Shihab ke Indonesia.

Fadli menilai, pemerintah tak mampu melindungi warga negaranya sendiri yang sedang tertimpa masalah di luar negeri.

Baca Juga:

Reuni 212 Kembali Digelar dengan Agenda Utama Doakan Kepulangan Rizieq Shihab

"Ini ada kegagalan dari pemerintah dalam melakukan diplomasinya," kata Fadli Zon kepada wartawan setelah acara reuni 212 di Monas, Senin (2/12).

Jika pemerintah mau, menurut Fadli Zon, Rizieq Shihab bisa pulang lebih cepat. "Pemerintah kalau mau saya kira sangat sebentar sekali," papar dia.

Fadli menyebut, tangan-tangan tak terlihat ini bekerja di luar jalur institusi resmi negara. Namun, ia tak menyebutkan siapa oknum yang menghalangi kepulangan HRS tersebut.

Ia menambahkan, jika saja tidak ada oknum tersebut, maka pemulangan HRS akan sangat mudah.

"Saya kira ini cuma sebentar, satu telepon pun selesai. Ini yang saya kira harus diselidiki kenapa bisa terjadi seperti ini," ucapnya.

Habib Rizieq diklaim dukung upaya hukum terhadap Ade Armando
Habib Rizieq saat berorasi dalam Aksi 212 jilid II di depan gedung DPR/MPR, Selasa (21/02). (MP/Dery Ridwansah)

Lebih lanjut, ia juga mengomentari pernyataan pemerintah selama ini soal sejumlah persoalan yang menghambat kepulangan Rizieq, menurutnya tidak pernah terbukti.

Termasuk, isu masalah overstay yang dijadikan alasan pemerintah, dan dugaan pelanggaran hukum Rizieq di Arab Saudi.

“Bahkan pernah mau dikriminalisasi dengan adanya bendera ISIS, ternyata itu kerjaan, apa mungkin oknum intelijen, yang akhirnya justru pihak Arab Saudi sendiri memburu itu. Saya kira Habib Rizieq harus dikembalikan, kalau tidak, berarti memang pemerintah tak ada keinginan melindungi warganya,” ucapnya.

Baca Juga:

PA 212 Ancam Kerahkan Gelombang Aksi Besar-besaran Seperti Era Ahok

Sebagaimana diketahui, upaya pemulangan Rizieq kembali mengemuka jelang pelaksanaan acara Reuni 212.

Ia dan para pendukungnya menuding pemerintah yang menghalangi kepulangannya. Sementara pemerintah Indonesia menegaskan bahwa tak pernah melakukan upaya pencekalan terhadap HRS. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH