Pemerintah Didesak Kirim Nota Protes ke Malaysia Presiden Jokowi berdialog dengan warga Indonesia di Malaysia, di KBRI Kuala Lumpur. (setkab.go.id)

MerahPutih.com - Migrant Care mendesak pemerintah mengirimkan nota protes ke Malaysia terkait tewasnya seorang TKW. Seorang TKW asal Nusa Tenggara Timur (NTT) Adelina Lisao diketahui meninggal akibat penyiksaan oleh majikannya.

Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah mengatakan pemerintah Indonesia harus mengambil sikap tegas dan nyata dengan mengirimkan nota protes diplomatik kepada pemerintah Malaysia.

"Pemerintah Indonesia harus mendesak proses hukum yang adil kepada pemerintah Malaysia," kata Anis dihubungi dari Jakarta, Rabu (14/2), dilansir Antara.

Menurut Anis, pemerintah Indonesia harus mendesak pemerintah Malaysia untuk segera menjalankan proses hukum kepada majikan Adelina Lisao dan memastikan penegakan hukum berjalan serta menjatuhkan hukuman seberat-beratnya kepada pelaku.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga harus mendesak pemerintah Malaysia memastikan dan melindungi hak-hak Adelina untuk diserahkan kepada keluarga atau ahli warisnya.

"Pemerintah Indonesia juga perlu meninjau kebijakan bilateral dengan pemerintah Malaysia tentang perlindungan pekerja migran Indonesia," tuturnya.

Kepada pihak keluarga atau ahli waris, Anis juga mendesak pemerintah Indonesia untuk memberikan informasi yang benar tentang penyebab kematian Adelina.

"Pemerintah juga harus memberikan perlindungan dan bantuan hukum untuk menuntut keadilan," ujarnya. (*)


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH