Pemerintah Berangkatkan 42 Orang Tim Evakuasi WNI di Wuhan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Terawan melepas 42 orang tim evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan, Tiongkok, Sabtu (1/2). Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Pemerintah Pusat melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Terawan melepas 42 orang tim evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan, Tiongkok, pada Sabtu (1/2).

Pelepasan tim evakuasi ini berlangsung di bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang. Tak hanya Mensek dan Menlu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Baca Juga

Menyentuh! Ini Pengorbanan Tim Medis yang Menangani Virus Corona

Tim evakuasi sendiri terdiri dari unsur TNI, Kemenlu, dan Kemenkes. Saat pelepasan mereka berdiri di hadapan kedua menteri dan Panglima TNI.

Dari tim evakuasi yang berbaris, dua di antaranya menggunakan pakaian medis lengkap warna putih yang menutupi seluruh anggota tubuh lengkap dengan masker dan kacamata. Selain itu empat orang perwakilan tim itu dipasangi ban di lengan berlambang Indonesia secara simbolis.

Pemerintah Pusat melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Terawan melepas 42 orang tim evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan, China, pada Sabtu (1/2).
Pemerintah Pusat melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Terawan melepas 42 orang tim evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan, Tiongkok, pada Sabtu (1/2). Foto: MP/Asropih

Pelepasan dilakukan dengan memberikan pesan-pesan kepada tim evakuasi. Retno meminta agar seluruhnya semangat melakukan tugas dan menjaga kesehatannya.

"Ini pesan saya yang akan berangkat tetap smgt semua dari kita harus semangat dan kita harus sehat," kata Retno di lokasi.

Tak ketinggalan, Retno juga meminta seluruh masyarakat Indonesia untuk mendoakan tim ini dan bisa membawa WNI pulang dengan selamat dan sehat.

"Selamat jalan teman-teman. Kita bersama teman-teman dan saya mohon doa untuk tim penjemput dan juga untuk indonesia kita. Bismillah," ungkapnya.

Baca Juga

Wabah Virus Corona, Pemerintah Selektif Terima Impor Makanan dan Minuman dari Tiongkok

Setelah penyampaian pesan, tim evakuasi masuk ke bus untuk menuju pesawat. Mereka berangkat menggunakan air bus 330 milik maskapai swasta, Batik Air.

Tak lama mereka akan segera bertolak menuju Wuhan, Tiongkok. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH