Pemeriksaan SIKM di Beberapa Pos Bikin Ruas Jalan Tol Macet Sejumlah kendaraan dari arah Jakarta yang diduga akan melakukan mudik tampak dialihkan ke Gerbang Tol (GT) Cikarang Barat 3 untuk kembali ke Jakarta oleh aparat kepolisian. Dokumentasi Jasa Marga

Merahputih.com - Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Andi M. Indra melakukan patroli ke arah Bandung, Jawa Barat pada Senin (25/5) malam untuk melihat situasi lalu lintas.

Dari temuan di lapangan, ternyata saat kilometer 47 mengarah Jakarta terjadi kemacetan. Kepadatan kendaraan arus balik pun terjadi lantaran kendaraan terjebak di kawasan penyekatan.

"Malam tadi pantauan saya memang terjadi kepadatan di KM 47, cuma memang di situ padat karena ada penyekatan di sana, macetnya kurang lebih sekitar 3 kilometer, sebelum elevated itu macetnya," ujar dia saat dikonfirmasi wartawan Selasa (26/5).

Baca Juga:

Kemenkes Terbitkan Protokol 'New Normal' Bagi Perkantoran dan Industri, Apa Saja Isinya?

Kemacetan tersebut lantaran petugas meminta kepada penumpang dan sopir bus menunjukan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). "Macet karena penyekatan km 47 masalah SIKM memang 3 kilometer, ekornya sampai KM 50," ungkap dia.

Ia mengatakan, jika dibandingkan H+2 lebaran tahun ini dengan tahun lalu, volume kendaraan dari arah Bandung melalui Cikampek ke arah Jakarta berbeda jauh. Menurut dia, pada thun ini situasi jalur sangat renggang jika dibandingkan pada tahun lalu.

"Beda jauh, ini lebih lancar, ini berkaitan masalah pandemi. Semalam itu saya lihat dari arah Bandung nggak sepadat perbandingan di tahun kemarin untuk pantauan arus lalinnya. Begitu masuk km 47 macet itu, sebelum elevated macet di situ, sudah lepas situ sepi," kata Indra.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, check point penyekatan kendaraan yang hendak masuk wilayah Jakarta tersebar di 11 titik di wilayah Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Tangerang.

Petugas Pos Cek Poin Kalimalang, Jakarta Timur, mengecek alamat pengendara motor pada alamat KTP dalam rangka penegakan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Senin (20/4/2020). (ANTARA/HO-Polrestro Jaktim)
Caption

Menurut Sambodo, penyekatan di wilayah Bodetabek itu merupakan penyekatan lapis kedua. Penyekatan sebelumnya telah dilakukan di pintu tol arah Jakarta di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

"Penyekatan di ring 2, siang tadi kami rapatkan dengan instansi terkait. Itu ada 11 titik pemeriksaan yaitu 4 (titik) di Kabupaten Bogor, 4 di Kabupaten Bekasi, dan 3 di Kabupaten Tangerang," kata Sambodo.

Ia menjelaskan, penyekatan tidak hanya dilakukan di pintu tol arah Jakarta, tetapi juga dilakukan di jalur-jalur arteri dari arah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan jawa Timur. Penyekatan dilakukan untuk memeriksa kepemilikan surat izin keluar masuk.

Pemerintah Provinsi DKI telah menetapkan, hanya warga yang mengantongi SIKM yang diperbolehkan masuk wilayah Jakarta. "Di tol utama itu mulai dari Semarang, Brebes, sampai Karawang Barat Km 47 sampai Km 29 di Gerbang Tol Cikarang Utama, itu ada pemeriksaan," ujar Sambodo.

Baca Juga:

Panduan Menkes Soal 'New Normal' Justru Jadi Alasan untuk Longgarkan PSBB

"Kalau dari arah Banten, itu ada di Cikupa. Kalau di (jalur) arteri, mulai dari Kedungwaringin masuk ke Kabupaten Bekasi, Ciawi, Cianjur, Bogor, termasuk juga di jalan raya Serang dari arah Banten. Ini ada check point untuk memeriksa kepatuhan terhadap SIKM ini," lanjut Sambodo.

Menutut Sambodo, penyekatan kendaraan untuk mengecek SIKM juga dilakukan di 8 titik check point di wilayah Jakarta. "Penyekatan di ring 1, ada 8 titik penyekatan check point PSBB yang saat ini sudah exsisting, untuk kemudian melaksanakan pemeriksaan terhadap SIKM," kata Sambodo. (Knu)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kerumunan Massa Rizieq Shihab Jadi Paradoks Kepemimpinan Jokowi Tangani COVID-19
Indonesia
Kerumunan Massa Rizieq Shihab Jadi Paradoks Kepemimpinan Jokowi Tangani COVID-19

Termasuk juga terkait dengan kasus-kasus hukum yang melibatkan Rizieq yang sampai saat ini prosesnya masih mandek di Kepolisian.

MAKI: PK Djoko Tjandra Tidak Memenuhi Syarat Formil
Indonesia
PKB Desak Pertamina Turunkan Harga BBM
Indonesia
PKB Desak Pertamina Turunkan Harga BBM

Menurut dia, dengan menyesuaikan harga tersebut, setidaknya akan memberi dampak ekonomi ke masyarakat terutama nelayan dan usaha ekspedisi.

KPK Tangkap Tersangka Dulu Sebelum Diumumkan, Pengamat: Tak Bertentangan dengan Putusan MK
Indonesia
Indonesia Peringkat Keempat Sea Games, Ini Kata Jokowi
Indonesia
Indonesia Peringkat Keempat Sea Games, Ini Kata Jokowi

Presiden Joko Widodo menilai prestasi atlet-atlet Indonesia pada Sea Games ke-30 melebihi target dari sisi perolehan medali emas.

Pemkab Tangerang Sulap Griya Anabatic Jadi Penampungan Pasien Covid-19
Foto
Pemkab Tangerang Sulap Griya Anabatic Jadi Penampungan Pasien Covid-19

Bangunan Griya Anabatic rencananya akan dijadikan ruang isolasi pasien positif virus corona (COVID-19) oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang yang berlokasi di jalan Legok Raya, Kabupaten Tangerang, Banten,

Fadli Zon Desak Ruangguru Dihapus dari Program Kartu Pra Kerja
Indonesia
Fadli Zon Desak Ruangguru Dihapus dari Program Kartu Pra Kerja

"Sekalian harus mundur dari proyeknya," ucap Fadli

100 Hari Kinerja KPK di Bawah Firli Cs Minim Prestasi, Surplus Kontroversi
Indonesia
100 Hari Kinerja KPK di Bawah Firli Cs Minim Prestasi, Surplus Kontroversi

Faktor lain yang menyebabkan kerja Firli Cs dipertanyakan ialah seringnya melakukan pertemuan dengan berbagai pihak yang berpotensi mengikis nilai independensi

Puan Pastikan PDIP Tetap Solid meski Terus Dikaitkan dengan Kasus Komisioner KPU
Indonesia
Puan Pastikan PDIP Tetap Solid meski Terus Dikaitkan dengan Kasus Komisioner KPU

Puan Maharani memastikan partainya tetap solid meski terus dikait-kaitkan dengan kasus dugaan suap terhadap komisioner KPU

Pasien Positif COVID-19 di DIY Kini 1.445
Indonesia
Pasien Positif COVID-19 di DIY Kini 1.445

Tambahan kasus pada Selasa ini berasal dari hasil pemeriksaan laboratorium di DIY terhadap 462 sampel spesimen dari 385 orang.