Musik

Pemenang BRIT Awards Terbanyak Sepanjang Masa

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Senin, 13 Februari 2023
Pemenang BRIT Awards Terbanyak Sepanjang Masa
Setiap tahun, BRIT mengumumkan para pemenang dalam beberapa nominasi untuk musisi terbaik dari Inggris dan internasional. (Foto: YouTube/BRITs)

BRIT Award telah tuntas diselenggarakan pada 11 Februari 2023. Setiap tahun, BRIT mengumumkan para pemenang dalam beberapa nominasi untuk musisi terbaik dari Inggris dan internasional.

Kalau setiap tahun memiliki nominasi, tentu akan ada musisi yang berhasil mengantongi nominasi paling banyak. Berikut beberapa musisi paling banyak masuk ke nominasi di BRIT award.

1. Prince


Prince berhasil mengantongi beberapa BRIT pada masanya, dekade 1990-an. Ia berhasil memenangkan tujuh penghargaan dari BRITS Award.

Menurut skiddle.com, saat ia menerima penghargaan International Male Solo Artist, ia mengatakan “Prince. Dalam konser: sangat bebas. Dalam catatan: budak. Menjadi bebas. Damai.”

2. U2


U2 memenangkan tujuh penghargaan dari BRIT Award. U2 dianggap sebagai ekspansi musik terbesar Irlandia sehingga U2 pernah menerima penghargaan Outstanding Contribution to Music pada 2001.

Pada tahun yang sama juga, mereka membawakan tiga lagu pada malam penganugerahan tersebut, yaitu "One", "Beautiful Day", dan "Until The End Of The World".

Baca juga:

Penampilan Berkelas Musisi Dunia di Red Carpet BRIT Awards 2023

brit awards 2023
One Direction sebelum bubar berhasil memenangkan tujuh penghargaan BRIT. (Foto: Instagram/@onedirection)

3. Arctic Monkeys


Sama seperti musisi sebelumnya, Arctic Monkeys juga berhasil memenangkan tujuh penghargaan. Tiga diantaranya adalah British Album of the Year untuk AM, "Favourite Worst Nightmare", dan debut mereka "Whatever People Say I Am, That’s What I’m Not".

Pada tahun ini, band kembali masuk nominasi untuk penghargaan British Group dan Best Rock/Alternative Act.


4. One Direction


Sebelum mereka bubar, band ini menjadi kesukaan banyak orang dan mereka berhasil memenangkan tujuh penghargaan dari BRIT Award. Dari sekian banyak capaian mereka, ada dua yang paling berkesan: penghargaan BRIT Global Success pada 2013 dan 2014.

5. Annie Lennox


Annie Lennox berhasil memenangkan delapan penghargaan, enam di antaranya adalah British Female Solo Artist. Enam penghargaan berturut-turut telah memecahkan rekor dan dua lainnya adalah British Album of the Year dan Outstanding Contribution to Musik bersama Eurythmics.

6. Take That


Band ini berhasil memenangkan delapan penghargaan. Mereka membawa pulang penghargaan untuk British Group, British Live Act, British Video of the Year, dan British Single of the Year sebanyak lima kali.

Baca juga:

Daftar Lengkap Peraih BRIT Awards 2023

brit awards 2023
Adele sebagai Ratu BRIT telah berhasil memenangkan 12 penghargaan. (Foto: brits.co.uk)

7. Harry Styles


Harry Styles berhasil memenangkan 13 penghargaan, tetapi tujuh di antaranya adalah bersama One Direction. Ia tahun ini masuk nominasi untuk empat nominasi dan memenangkan keempatnya sekaligus, yaitu British Album of the Year, Song of the Year ("As It Was"), British Artist of the Year, dan Best Pop/R&B Act.

8. Coldplay


Coldplay sebagai pembawa lagu "Yellow" berhasil memenangkan sembilan penghargaan selama bertahun-tahun. Penghargaan paling berkesan untuk band ini adalah berhasil memenangkan empat kali British Group dan tiga kali untuk Album of the Year.


9. Adele


Adele berhasil memenangkan 12 penghargaan selama bertahun-tahun dari 19 nominasi. Ratu BRIT ini baru saja membawa pulang penghargaan British Album of the Year dan British Single of the Year pada 2022.

10. Robbie Williams


Robbie berhasil memenangkan 18 penghargaan dengan 14 penghargaan solonya dan 4 penghargaan bersama Take That. Saat ini, ia berhasil menjadi pemegang rekor untuk BRIT Award terbanyak.

Dari semua penghargaan yang diterimanya, ia memberikan 17 penghargaan kepada teman dan orang tuanya. Ia hanya mempertahankan penghargaan British Icon untuk dirinya sendiri.

Nah itulah tadi kilas balik tentang musisi yang meraih nominasi atau penghargaan terbanyak dalam BRIT Awards. (vca)

Baca juga:

Dari Harry Styles hingga Lizzo, Panggung Brit Awards Meriah

#Musik #Award
Bagikan
Bagikan