Pemda Yogyakarta Kekurangan 1.200 PNS, Berminat? Ilustrasi. ( ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

MerahPutih.com - Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membutuhkan 1.200 pegawai negri sipil (PNS) baru. Sayangnya, Kemeterian PAN RB belum mau membuka lowongan penerimaan CPNS. Tahun ini pemerintah pusat baru mengizinkan pembukaan lowongan CPNS untuk kementerian dan lembaga serta Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.

"Kami sudah ajukan kebutuhan pegawai baru sebanyak 1.200 ke pemerintah pusat. Tapi belum juga dibuka lowongannya tahun ini," tutur Sekda DIY Gatot Saptadi di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Jumat (8/10).

Padahal jika disetujui, ia memastikan APBD 2017 masih mampu membiayai tambahan PNS tersebut.

Untuk mengantisipasi kekurangan pegawai di kemudian hari, Pemda DIY harus putar otak. Gatot menjelasakan Pemda DIY akhirnya meningkatkan pengangkatan pegawai kontrak non pns menjadi pns. "Bisa juga kami ambil PNS dari provinsi lain. Tapi lebih banyak angkat pegawai yang sudah keraj di Pemda tapi statusnya non pns (kontrak)," jelasnya.

JIka Pemda tak melakukan hal tersebut, Gatot khawatir Pemda akan kekurangan PNS pada 2020- 2021. Pasalnya banyak PNS yang pensiun di tahun tersebut.

Saat ini total ada sekitar 7.000 PNS yang bekerja di seluruh SKPD Pemda DIY. Pembukaan lowongan CPNS terakhir kali dilakukan pada 2015. (vicka)


Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH