Pemda Yogyakarta Akan Tambah Kantor Samsat di Lokasi Ini Ilustrasi Samsat. (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.com - Pemda Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta tengah mempersiapkan peluncuran E-Samsat Nasional pada Oktober 2017. Untuk mendukung pelaksanaan ini, Pemda DIY akan menambah kantor Samsat di lima Desa di DI Yogyakarta. Pembukaan Samsat desa ini bertujuan untuk mempermudah warga membayar pajak.

Kepala Bidang Anggaran Pendapatan DPPKA DI Yogyakarta Gamal Suwantoro menjelaskan Samsat Desa terletak satu atap dengan Kantor desa. Warga yang mau membayar pajak kendaraan bermotor tak perlu pergi jauh-jauh ke Samsat di Kota atau Kabupaten. Warga tinggal datang ke Kantor Samsat Desa.

"Kami selama ini sudah memiliki beberapa Samsat Desa, Samsat keliling dan Samsat di Mall. Nanti mau kami tambah lagi Samsat di lima Desa di Seluruh Kabupaten di DIY," ujar Gamal melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Sabtu (16/9).

Samsat Desa yang akan ditambah ada di Desa Banyurejo kecamatan Tempel Kabupaten Sleman, Desa Kebon Agung di kecamatan Immogiri Bantul, Desa Sedayu Godean Sleman, Desa Argo Mulyo Sleman dan di Kalibawang Kulon Progo.

Ke depan, Pemda terus akan menambah jumlah Samsat Desa untuk mempermudah warga membayar pajak sekaligus meningkatkan Penerimaan Asli Daerah (PAD).

Pemda DI Yogyakarta akan menyarankan kepada Pemerintah pusat dan Kapolri agar pengesahan STNK juga bisa dilakukan di kantor Samsat terdekat, bukan di daerah asal. Sehingga si pemilik STNK bisa menghemat waktu, tenaga dan uang.

"Kalau rencana peluncuran besok kan, usai membayar pajak, si pemilik STNK tetap harus balik ke daerah asal untuk bisa dapat pengesahan STNK. Harusnya dengan peluncuran Online ya pengesahan bisa dimanapun," tutupnya.

Samsat DI Yogyakarta tetap akan diberlakukan walaupun sudah ada E-Samsat nasional.

Sebagai informasi, tujuh Provinsi di Jawa dan Bali akan menerapkan E-Samsat Nasional pada Oktober 2017.

Berita ini merupakan laporan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Kaum Difabel Dapat Jalur Khusus Pendaftaran CPNS 2017


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH