Pemda DIY Siapkan Koneksi Wifi dan Promo Program Work From Jogja

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 10 Juni 2021
Pemda DIY Siapkan Koneksi Wifi dan Promo Program Work From Jogja
Tugu Yogyakarta. (Foto: MP/Teresa Ika)

MerahPutih.com - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tengah mempersiapkan jaringan koneksi internet untuk merealisasikan program Work From Jogja yang digagas oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Uno.

Dinas Pariwisata DIY juga tengah menyiapkan sejumlah insentif bagi para wisatawan yang melakukan kegiatan kerja dari Yogyakarta.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menargetkan, program ini akan dimulai pada Juli 2021.

Baca Juga:

Warga Pralansia di DIY Mulai Dapat Vaksinasi COVID-19

"Target bulan Juli, ini bulan Juni kita sedang proses," tegas Singgih di Yogyakarta, Kamis (10/6).

Sebelum konsep wisata tersebut didorong Menparekraf, sejumlah hotel di DIY telah menggagas paket work from hotel untuk menarik wisatawan atau pengunjung dari kalangan pekerja.

Mulai dari suasana hingga koneksi internet, kata dia, telah disiapkan para pengelola hotel agar nyaman disinggahi para pengunjung sebagai tempat bekerja.

"Apalagi koneksi internet di Yogyakarta saya rasa tidak ada hambatan. Yogyakarta saya kira punya potensi karena bisa ditempuh dengan moda apa pun," ujar Singgih.

 Lokasi wisata kuliner yang asyik untuk tempat kerja di Yogyakarta. (Foto: MP/Teresa Ika)
Lokasi wisata kuliner yang asyik untuk tempat kerja di Yogyakarta. (Foto: MP/Teresa Ika)

Selain hotel, Singgih menuturkan, desa wisata yang ada di DIY juga cukup potensial sebagai destinasi bagi para pekerja. Apalagi di desa wisata pada umumnya terdapat home stay atau bisa dimanfaatkan sebagai ruang kerja yang nyaman.

Selain koneksi internet, pemda juga tengah mendorong pelaku pariwisata, tempat wisata dan hotel untuk menerapkan protokol kesehatan secara baik saat program itu berjalan.

Menurutnya, sudah ada 269 usaha pariwisata di DIY yang sudah bersertifikat CHSE (Clean, Health, Safety and Environment).

"Kalau belum tersertifikasi belum boleh buka, sehingga ini akan membuka satu kesempatan atau kepercayaan diri dari para wisatawan atau para pebisnis yang ingin melakukan Work From Jogja," tegas Singgih.

Baca Juga:

Demi Work From Bali, Pemerintah Perketat Prokes Kawasan Wisata

Sementara itu, Sekretaris Daerah Istimewa Yogyakarta (Sekda DIY) Kadarmanta Baskara Aji menambahkan, pihaknya tengah menyiapkan sejumlah insentif, promo, dan diskon untuk menarik wisatawan.

Salah satu di antaranya dapat berwujud insentif menonton pertunjukan bagi setiap wisatawan yang menginap di hotel. Selain itu, insentif bisa berbentuk souvenir, kupon potongan harga dan tiket masuk tempat wisata.

"Kerjanya kan siang, malam kami berikan insentif misalnya pertunjukan Ramayana atau apa. Bisa juga kami beri voucer makan di Malioboro, misal pecel lele. Tidak dithutuk (dipukul dengan harga yang terlalu tinggi), tapi justru didiskon," kata dia.

Ia berharap, sinergi yang tercipta ini tak sekadar mendukung sektor pariwisata saja, melainkan juga sektor pendidikan di DIY. (Teresa Ika/Yogyakarta)

Baca Juga:

Work From Bali Bertujuan Bangkitkan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

#Yogyakarta #Wisata Yogyakarta #COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan