Pemda Diminta Siapkan Fasilitas Virtual Biar Hentikan Warga Mudik

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 27 April 2021
Pemda Diminta Siapkan Fasilitas Virtual Biar Hentikan Warga Mudik
Layanan di Bandara. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Masyarakat diharapkan memanfaatkan layanan virtual untuk aktivitas mudik Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 Masehi di tengah pandemi COVID-19. Layanan virtual, menjadi salah satu solusi mengatasi kerinduan terhadap keluarga.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo mengimbau, seluruh posko yang ada di daerah dapat membantu warga dalam melakukan komunikasi virtual sebagai pengganti silaturahim secara langsung terutama bagi warga yang memiliki keterbatasan alat maupun kondisi lain yang dapat menghambat silaturahim melalui komunikasi virtual.

Baca Juga:

Sampai Titik Penyekatan, Pemudik Dipastikan Bakal Dites Swab

"Mohon berkenan, posko-posko yang ada di tiap daerah, bisa memberikan kesempatan kepada keluarga yang mungkin belum memiliki fasilitas untuk berkomunikasi secara virtual, untuk bisa difasilitasi,” kata Doni di Jakarta, Selasa (27/4).

Doni mengatakan, Ramadan dan Idul Fitri di tengah pandemi COVID-19 menjadi momentum yang harus disadari masyarakat di Tanah Air untuk tidak mudik, karena dapat memicu terjadinya penularan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Pembatasan mobilitas penduduk yang diberlakukan pemerintah, kata Doni, semata-mata untuk melindungi segenap masyarakat dari ancaman COVID-19.

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19, momentum libur hari raya nasional dan keagamaan selalu diikuti oleh tren kenaikan kasus COVID-19 di Tanah Air.

Kepala BNPB Doni Monardo. (Foto: Sekretariat Presiden)
Kepala BNPB Doni Monardo. (Foto: Sekretariat Presiden)

Selain angka kasus aktif, peningkatan Bed Occupancy Rate (BOR) di setiap rumah sakit juga terjadi peningkatan usai liburan. Selain itu, angka kematian juga selalu naik usai liburan. Bahkan, angka kematian tenaga medis dan dokter serta perawat cenderung naik.

“Sudah terbukti, setiap libur panjang akan diakhiri dengan peningkatan kasus, diikuti dengan jumlah pasien di rumah sakit yang meningkat, diikuti dengan angka kematian yang tinggi, termasuk gugurnya para dokter, serta tenaga kesehatan lainnya,” katanya. (Asp)

Baca Juga:

Mudik Dilarang, Bandara Internasional Yogyakarta Pangkas Jam Operasional

#BNPB #Letjen Doni Monardo #COVID-19 #Kasus Covid #Mudik #Lebaran #Idul Fitri
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan