Pembukaan Rakernas IV PDIP, Lagu Indonesia Raya 3 Stanza Berkumandang

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 29 September 2023
Pembukaan Rakernas IV PDIP, Lagu Indonesia Raya 3 Stanza Berkumandang
Rakernas PDIP di JIExpo, Jakarta, Jumat (29/9). Foto: MP/Ponco

MerahPutih.com - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDI Perjuangan (PDIP) di JIExpo Kemayoran Jakarta, resmi dimulai, Jumat (29/9) siang.

Rakernas IV PDIP mengangkat tema 'Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia' dengan sub tema 'Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia'.

Presiden Joko Widodo duduk bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Capres 2024 Ganjar Pranowo, Putra Megawati yang juga Ketua DPP PDIP M. Prananda Prabowo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua DPR Puan Maharani yang juga ketua DPP PDIP, dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Pembukaan Rakernas PDIP dihadiri pula oleh Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta alias OSO, Ketum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, Plt Ketum PPP Mardiono. Mereka merupakan pimpinan partai pendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Kemudian, jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, antara lain, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonganan Laoly, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Gusti Ayu Bintang Darmavati, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Hadi Tjahjanto.

Tampak hadir pula Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal (Purn) Budi Gunawan, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ada pula Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, para pengurus DPP PDIP, petani, nelayan, dan kader PDIP dari seluruh Indonesia.

Acara dimulai dengan persembahan tarian selamat datang, Tarian Lesung Jumenglung. Kemudian, dilanjutkan dengan Tri Sakti Bung Karno (berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, berkepribadian dalam kebudayaan).

Semua yang hadir kemudian berdiri untuk bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dalam pembukaan itu, lagu Indonesia Raya 3 stanza dikumandangkan.

Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Kemudian, pembacaan teks Pancasila dipimpin oleh Kuntu Daud yang diikuti seluruh yang hadir di Rakernas IV PDIP. Lagu himne PDIP dan mars PDIP pun berkumandang.

Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan Dedication of Life oleh I Wayan Koster.

Suasana begitu khidmat. Warna merah mendominasi arena Rakernas IV PDIP. (Pon)

#Rakernas PDIP #PDIP
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan