Pemberdayaan UKM Kini Lebih Luas di Indonesia

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 16 September 2021
Pemberdayaan UKM Kini Lebih Luas di Indonesia
Mengimplementasikan upaya pemberdayaan pelaku UKM. (Foto: Unsplash/Patrick Tomasso)

SETELAH bulan lalu meresmikan kerja sama loan channeling dengan salah satu bank digital, Investree sebagai pionir fintech lending mengumumkan kemitraan dengan PT BPR Lestari Bali. Hal ini menjadikan BPR Lestari masuk ke dalam jajaran Lender Institusi Investree dengan tujuan yang sama, yaitu mengimplementasikan upaya pemberdayaan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Jawa, Bali, dan Indonesia pada masa pemulihan ekonomi saat ini.

“Sejak pertama kali membuka pilihan pendanaan bagi Lender Institusi, Investree tidak pernah membatasi hanya institusi/perusahaan dari industri tertentu yang dapat bergabung, termasuk untuk bank. Kami membuka kesempatan bagi berbagai jenis bank untuk berkolaborasi termasuk Bank Perkreditan Rakyat,” kata Co-Founder & CEO Investree, Adrian Gunadi.

Baca juga:

Investree Dapat Suntikan Dana dari Modal Ventura

Pemberdayaan UKM Kini Lebih Luas di Indonesia
Direktur Operasional BPR Lestari Bali (kiri), bersama Co-Founder & CEO Investree (kanan). (Foto: Istimewa)

Adrian melihat adanya visi-misi yang sama untuk meningkatkan inklusi keuangan yang dapat membantu para pelaku UKM tetap tangguh di masa pandemi.

“Pastinya, hal ini turut mematahkan anggapan bahwa fintech adalah pesaing baik. Justru kami melengkapi fungsi perbankan khususnya dalam memenuhi permintaan masyarakat terhadap akses pembiayaan yang lebih praktis,” kata Adrian.

Di kesempatan yang sama, Chariman Lestari Group, Alex P. Chandra atau yang akrab disapa APC bersyukur karena BPR Lestari akhirnya mendapatkan lampu hijau untuk ikut dalam permainan digital yang sedang berkembang pesat.

“Pada fase awal ini, Investree akan menjadi satu dari banyak penyelenggara fintech yang BPR Lestari gandeng untuk membentuk ekosistem digital BPR Lestari. Terkait dengan prosesnya, kerja sama yang kami lakukan dengan Investree tidak hanya bertujuan untuk mendukung pertumbuhan pelaku UKM di Bali dari segi pembiayaan, tapi juga pelaku UKM di luar Bali yang membutuhkan dukungan pinjaman mudah dan cepat,” tuturnya.

Baca juga:

Bingung Biayai Anak Masuk Sekolah? Investree Menyediakan Pinjaman Karyawan

Pemberdayaan UKM Kini Lebih Luas di Indonesia
Perwakilan Investree berfoto bersama perwakilan BPR Lestari Bali. (Foto: Istimewa)

Alex mengungkapkan BPR Lestari dan Bali bisa dan leluasa mendanai pelaku UKM di luar Bali, Pulau Jawa, sampai seluruh Indonesia yang masuk dalam cakupan Investree

Dari kolaborasi ini, BPR Lestari berpotensi memperluas cakupan pembiayaan serta meningkatkan daya saing mereka sebagai bank. Di bawah naungan Lestari Group dan bersama dengan tujuh BPR afiliasi lainnya yang berada di Pulau Jawa, BPR Lestari mencatatkan total aset grup Rp8,1 triliun.

Kehadiran produk digital pun mulai diluncurkan untuk mempermudah berbagai transaksi perbankan. Seperti layanan mobile banking LestariMobile, fasilitas diskon di ribuan merchant LestariDiskon, dan berbagai fasilitas digital lainnya yang sekarang sedang dalam proses perampungan. (and)

Baca juga:

Investree Jadi Solusi Kebutuhan Dana UKM

#Uang #Fintech
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan