Pembelajaran Sosial Emosional Sangat Penting Bagi Anak Keterampilan hidup yang sangat penting saat ini melibatkan sesuatu yang disebut pembelajaran sosial dan emosional. (freepik/jcomp)

SEKOLAH selalu mengambil tanggung jawab yang melampaui pengajaran sejarah, bahasa Inggris, atau matematika. Mereka adalah bagian penting dari komunitas yang mereka layani dan bagian integral dari kehidupan siswa yang mereka ajar.

Itulah bagian dari mengapa sekolah secara historis mengajarkan keterampilan hidup sehari-hari kepada anak-anak di samping keterampilan akademis yang penting. Satu set keterampilan hidup yang sangat penting saat ini melibatkan sesuatu yang disebut pembelajaran sosial dan emosional.

Melansir laman Healthline, meskipun ini bukan ide baru, pembelajaran sosial dan emosional adalah sesuatu yang akan lebih berguna dari sebelumnya saat anak-anak kembali ke ruang kelas setelah COVID-19 dan selama tahap pandemi global ini.

Baca Juga:

Me-time Pengaruhi Kehidupan Interaksi Sosial

anak
Pembelajaran sosial dan emosional berfokus pada serangkaian keterampilan hidup yang dibutuhkan anak untuk memahami diri sendiri dan berkomunikasi dengan orang lain. (Pexels/Rebecca Zaal)

Apa itu pembelajaran sosial dan emosional (SEL)?

Pembelajaran sosial dan emosional (SEL) merupakan konsep pendidikan yang membantu anak-anak memperoleh keterampilan di bidang-bidang penting di luar matematika, membaca, dan mata pelajaran inti sekolah lainnya. SEL membantu anak-anak mengidentifikasi perasaan mereka, memahami dan berkomunikasi dengan orang lain, membangun hubungan yang kuat, dan membuat keputusan empati yang baik.

SEL berfokus pada serangkaian keterampilan hidup yang dibutuhkan anak untuk memahami diri sendiri dan berkomunikasi dengan orang lain. Misalnya, SEL mengajari anak-anak cara untuk meningkatkan:

- Empati

- Regulasi emosi

- Keterampilan memecahkan masalah

- Keterampilan membuat keputusan

- Kemampuan berkomunikasi

- Hubungan dengan teman dan keluarga

- Pengetahuan diri

- Kontrol dir

Melalui SEL, anak-anak dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang diri mereka sendiri dan orang-orang di sekitar mereka. Mereka dapat memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang akan membantu mereka memahami emosi mereka, mengembangkan identitas mereka, dan menetapkan tujuan.

Dalam sebuah studi penting tahun 2011, para peneliti melakukan salah satu ulasan SEL terbesar dan terlengkap. Mereka meninjau 213 studi yang mencakup lebih dari 270.000 siswa dan menemukan, antara lain, bahwa berpartisipasi dalam program SEL meningkatkan kinerja siswa di kelas mereka. Ini juga memiliki dampak yang bertahan lama pada siswa dan komunitas sekolah.

Baca Juga:

Recharge Kesehatan Tubuh dengan Nonton Film Horor

anak
Program pembelajaran sosial dan emosional meningkatkan kinerja siswa di kelas mereka. (freepik/jcomp)

Apa itu Kecerdasan Emosional atau Emotional Quotient?

Kecerdasan emosional , terkadang disebut kecerdasan emosional (EQ), adalah kemampuan untuk mengelola emosi kamu sendiri dan memahami emosi orang lain. Orang dengan EQ tinggi mampu mengkomunikasikan emosi mereka. Mereka dapat mengambil tindakan untuk mengatasi emosi seperti kemarahan atau stres. Mereka juga dapat bekerja dengan baik dengan orang lain dan membangun hubungan yang kuat berdasarkan empati dan pengertian.

Empat elemen kunci dari kecerdasan emosional

1. Kesadaran diri

Orang yang memiliki kesadaran diri yang tinggi mengenali emosinya sendiri. Mereka memahami bagaimana emosi mereka memengaruhi motivasi dan tindakan mereka.

2. Kesadaran sosial

Orang dengan kesadaran sosial yang tinggi sangat berempati. Mereka memahami kebutuhan, emosi, dan kekhawatiran orang lain. Mereka terampil menangkap isyarat sosial dan dinamika sosial.

3. Manajemen diri

Manajemen diri adalah kemampuan untuk mengendalikan impuls dan perilaku. Orang dengan keterampilan manajemen diri yang tinggi juga hebat dalam berpegang teguh pada komitmen dan beradaptasi dengan perubahan.

4. Manajemen hubungan

Menciptakan dan memelihara hubungan yang kuat dengan orang lain merupakan keterampilan hidup yang penting dan merupakan salah satu elemen kunci kecerdasan emosional. Orang dengan keterampilan manajemen hubungan yang kuat sangat baik dalam komunikasi, resolusi konflik, dan kerja sama tim.

Kecerdasan emosional penting dalam setiap bidang kehidupan. Memberi mereka alat dan pendidikan yang mereka butuhkan untuk memperkuat EQ mereka bermanfaat bagi anak-anak dalam berbagai cara.

Manfaat SEL dalam keseharian, termasuk meningkatkan sisi sebagai berikut:

- Pergaulan di rumah dan di sekolah

- Empati

- Harga diri

- Kesadaran diri

- Kemampuan berkomunikasi

- Pola berpikir positif

- Penyelesaian masalah

- Respon stres

- Suasana hati

- Motivasi

SEL dapat menjadi alat yang ampuh untuk membantu anak-anak mempelajari keterampilan sosial sehari-hari dan kecerdasan emosional. Keterampilan ini dapat meningkatkan kinerja anak-anak di kelas dan meningkatkan interaksi mereka dengan orang lain. Mereka juga dapat meningkatkan harga diri mereka.

SEL dan kecerdasan emosional selalu menjadi hal yang sangat penting, tetapi alat pendidikan ini akan menjadi lebih penting dari sebelumnya saat anak-anak kembali ke kelas setelah COVID-19.

Pandemi berdampak buruk pada kesehatan mental anak-anak dari segala usia, dan keterampilan yang diajarkan dalam program SEL adalah cara ampuh yang dapat dilakukan sekolah untuk mendukung siswanya saat mereka menyesuaikan diri. (DGS)

Baca Juga:

Optimalkan Sistem Imun Anak Demi Tumbuh Kembangnya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Moms, Waspadai Gagal Jantung setelah Melahirkan
Hiburan & Gaya Hidup
Moms, Waspadai Gagal Jantung setelah Melahirkan

Gagal jantung setelah melahirkan jarang terdengar, tapi presentasinya cukup tinggi.

Esemka Bakal Hadir di IIMS 2023
Fun
Esemka Bakal Hadir di IIMS 2023

Esemka akan berjejer dengan merek-merek impor di IIMS 2023.

Toko Ramen Tokyo Larang Pelanggan Pakai Ponsel
Fun
Toko Ramen Tokyo Larang Pelanggan Pakai Ponsel

Agar bisa menikmati ramen dengan maksimal.

Lomba Melamun, Peserta Ingin Punya Mobil Rubicon Sampai Jadi Pengemis
Travel
Coffee Supreme Japan Rilis Lini Merchandise dan Kopi Kojima Productions
Fun
Coffee Supreme Japan Rilis Lini Merchandise dan Kopi Kojima Productions

Main game makin asyik sambil minum kopi dari kolaborasi Coffee Supreme Japan dan Kojima Productions.

WALI Kembali Rilis Single Religi 'Qodarullah'
Hiburan & Gaya Hidup
WALI Kembali Rilis Single Religi 'Qodarullah'

Mengangkat tema tentang ketetapan Alla SWT.

Stanford University Buka Kelas ‘All Too Well (10 Minutes Version)’
Fun
Stanford University Buka Kelas ‘All Too Well (10 Minutes Version)’

Ada mata kuliah yang tepat bagi penggemar Taylor Swift.

Micro Cheating, Selingkuh Tipis-tipis Pemicu Masalah Hubungan
Fun
Jenama Lokal Tanaka Hemp Modulation Rilis Koleksi 'Life in Plastic, Ain’t Fantastic'
Fashion
Jenama Lokal Tanaka Hemp Modulation Rilis Koleksi 'Life in Plastic, Ain’t Fantastic'

Serat hemp memiliki karakteristik yang berbeda dan hanya digunakan untuk tujuan tertentu terutama dalam industri tekstil.

Kolaborasi Buttonscarves dan Jovian Mandagie Hadirkan Paradiso Collection
Fashion
Kolaborasi Buttonscarves dan Jovian Mandagie Hadirkan Paradiso Collection

Paradiso Collection terinspirasi oleh liburan musim panas di tempat yang penuh keindahan.