Pembelaan Anies Waduk Pluit Dicap Tak Dirawat Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di kantornya (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan memampik informasi yang beredar jika Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara tak dirawat oleh Pemprov DKI.

Menurut Anies, kondisi pendangkalan Waduk Pluit yang menimbulkan lapisan sedimen merupakan proses perawatan waduk tersebut untuk dilakukan pengerukan.

Pemprov DKI melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) telah melakukan pengerukan di kawasan waduk yang luasnya 80 hektar itu pada akhir April lalu.

BACA JUGA: Pemprov DKI: Wajar Muncul Sedimen di Waduk Pluit

"Untuk melakukan pengerukan memang airnya harus berkurang. Jadi air berkurang itu bukan karena tidak dirawat. Justru karena mau dirawat dilakukan pendalaman," kata Anies di Balaikota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (11/6).

Anies menuturkan, pengerukan kawasan Waduk Pluit tersebut merupakan upaya Pemprov DKI Jakarta untuk mengatasi banjir yang kerap mengepung ibu kota Jakarta.

Kondisi Waduk Pluit saat ini
Permukaan waduk Pluit tertutup eceng gondok sehingga air tak tampak (Foto: antaranews)

Dengan begitu, kata Anies, pihaknya melakukan pengerukan Waduh Pluit tersebut. "(Antisipasi banjir) ya apalagi. Ini memang saatnya kita melakukan pengerukan mulai bulan april di saat volume air sedang tidak tinggi di situlah kita melakukan pengerukan di semua tempat," tuturnya.

Seperti diketahui, Plt Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Yusmada Faizal menuturkan, bahwa pihaknya tengah melakukan pengerukan waduk Pluit hingga tingkat low water level. Proses pengerukan terhadap lapisan sedimen sudah dilaksanakan sejak akhir April lalu.

BACA JUGA: Pemprov DKI Klaim Hanya Sepertiga Waduk Pluit Terendam Sedimen

Yusmada pun menargetkan pengerukan wmWaduk Pluit ith rampung pada bulan Oktober 2019 mendatang.

"Kami sudah kerjakan (pengepokan) mulai akhir April. Oktober ditargetkan sudah selesai. Sedimen pun (hanya) di muaranya, dekat pompa ke arah laut," tutup Yusmada. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH