Pembangunan Tol Serang Panimbang Kelar Dalam 2 Tahun

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 18 Juni 2021
Pembangunan Tol Serang Panimbang Kelar Dalam 2 Tahun
Ilustrasi jalan tol. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Pembangunan jalan tol dari Serang hingga Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten, seksi 3 ditargetkan bisa rampung dalam dua tahun setelah diterbitkan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK). Pembangunan seksi 3 ini membutuhkan anggaran sekitar Rp4,5 triliun.

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Banten Wida Nurfaida mengatakan, peletakan batu pertama pembangunan jalan tol Serang-Panimbang seksi 3 diperkirakan pada akhir Agustus 2021. Tanda tangan kontrak dari November 2020. Oleh karena pembangunan seksi 3 ini menggunakan anggaran pinjaman luar negeri sehingga prosesnya berbeda dengan anggaran APBN.

Baca Juga:

Jasa Marga Bakal Miliki 2 Pusat Pengendalian Lalu Lintas Jalan Tol Canggih

"Pengurusan daftar kegiatan dari kami selesai ke Bappenas, sekarang posisinya ada di Kemenkeu untuk loan aplikasi, insyaallah akhir bulan Agustus 2021 sudah pelaksanaan," ungkapnya di Banten, Rabu (17/6).

Mengenai pengerjaan seksi 3, kontraktornya konsorsium yaitu PT Sino, PT Adikarya, dan PT Wijaya Karya. Dalam pengerjaan tol Serang-Panimbang seksi 3, PT Sino mendapatkan pengerjaan sebanyak 50,5 persen dari total 33 km.

"Sisanya nanti oleh Adikarya dan Wika, pembagiannya nanti kesepakatan dari kontraktor,"ujarnya.

Jalan Tol.(Foto:  Kementerian PUPR)
Jalan Tol.(Foto: Kementerian PUPR)

Untuk pembebasan lahan, Wida memastikan, saat ini sudah tidak ada permasalahan bahkan mencapai kurang lebih 81 persen. Misalnya. lahan TNI yang ada di Gombong dan lahan milik Perhutani sudah terselesaikan.

Pengerjaan tol Serang-Panimbang dibagi dalam tiga seksi sepanjang 83,67 kilometer. Seksi 1 yaitu Serang hingga Rangkasbitung sekitar 26,5 kilometer, seksi 2 dari Rangkasbitung hingga Cileles sepanjang 24,1 kilometer dan seksi 3 dari Cileles hingga Panimbang sepanjang 33 kilometer.

Tol dilengkapi ini dengan tujuh interkoneksi simpang susun. Ketujuh akses itu terdiri atas simpang susun Petir, Cikeusal, Rangkasbitung, Cikulur, Bojong, Cileles dan Pagelaran.

Baca Juga:

Tol Manado-Bitung Seksi 2B Ditargetkan Rampung di Agustus 2021

#Tarif Jalan Tol #Pembangunan Jalan Tol #Infrastruktur #Banten #Pandeglang
Bagikan
Bagikan