Pembangunan MRT Fase 2A Bakal Rampung 2028

Mula AkmalMula Akmal - Minggu, 11 September 2022
Pembangunan MRT Fase 2A Bakal Rampung 2028
Penumpang menaiki MRT di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Senin (3/1/2022). PT MRT Jakarta (Perseroda) menargetkan pada tahun 2022 angka keterangkutan penumpang mencapai 14,6 juta orang atau setara denga

MerahPutih.com - Pembangunan kontruksi Contract Package 202 MRT Jakarta Fase 2A Bundaran HI-Kota Tua diproyeksikan akan rampung pada 2028 mendatang.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, diharapkan nantinya kawasan Lebak Bulus ke kawasan Kota Tua bakal tersambungkan oleh MRT.

Baca Juga:

Erick Janji Sinergikan KRL, MRT, LRT dan Kereta Cepat

"Menurut proyeksi, diperkirakan tahun 2028 ini semua akan selesai di Kota Tua. Nanti di tempat ini akan diperkuat dengan fasilitas sepeda, untuk kendaraan bebas emisi, untuk pejalan kaki, di antara berbagai gedung bersejarah di sini," kata Anies Minggu (11/9).

Anies mengungkapkan, Jakarta sebagai kota modern nantinya akan menjadi pusat kegiatan perekonomian bukan hanya Indonesia, tapi juga Asia Tenggara. Maka dari ini Jakarta harus menyiapkan transportasi massal yang bisa menjangkau seluruh wilayah di Jakarta.

"Perkembangan selama ini dengan mengintegrasikan transportasi umum massal, 92 persen wilayah Jakarta telah terjangkau oleh kendaraan umum," ujar Anies.

Baca Juga:

Alaspadu dan Rumapadu, Hunian Terjangkau di Kawasan TOD MRT

Sementara itu, Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), Mohamad Aprindy menyampaikan bahwa pembangunan Fase 2A, khususnya CP202 memiliki sejumlah tantangan, mulai dari teknis hingga sosial-budaya.

Ia menyampaikan bahwa pengerjaan paket CP202 akan membutuhkan waktu 89 bulan. Dalam kesempatan ini pula, Aprindy menyampaikan bahwa PT MRT Jakarta (Perseroda) terus berupaya untuk mengenalkan perkembangan pekerjaan Fase 2A kepada masyarakat, baik melalui kanal-kanal komunikasi digital maupun secara langsung.

"Kami juga membuka dua visitor center, yaitu di area Taman Monas dan di dalam Stasiun Kota/Beos, yang berisi informasi tentang perkembangan pembangunan Fase 2A seperti infografik, maket stasiun Monas dan Kota, temuan arkeologi, hingga area foto dengan latar terowongan bawah tanah," tandas Aprindy. (Asp)

Baca Juga:

PSI Minta Anies Segera Sosialisasi Tarif Integrasi MRT, LRT dan TransJakarta Rp 10 Ribu

#MRT Jakarta #Anies Baswedan #Gubernur DKI Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan