Pembangunan Infrastruktur Perkeretaapian di Papua Barat Dimulai Tahun Ini Kereta api, Foto: Pixabay/Didgeman

MerahPutih.com - Mimpi warga Papua Barat untuk menikmati sarana kereta api bakal segera terwujud. Kementerian Perhubungan tahun 2020 ini akan memulai proyek pembangunan infrastruktur perkeretaapian di wilayah tersebut.

Kepala Bidang Perkeretaapian Dinas Perhubungan Provinsi Papua Barat, Max L Sabarofek mengatakan studi analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) serta land acquisition and resettlement action plan (Larap) atau rencana kerja pengadaan tanah dan pemukiman sudah dilaksanakan.

Baca Juga

Nyaris Sejuta Penumpang Liburan Gunakan Kereta Api selama Libur Nataru

"Tahun ini sebisa mungkin ground breaking (peletakan batu pertama) akan dilaksanakan. Kami pun terus berkoordinasi dengan Ditjen Perkeretaapian," ujarnya dilansir Antara.

Ia menjelaskan, pembangunan infrastruktur perkeretaapian ini akan dimulai dari Sorong. Pada tahap pertama pembangunan akan dimulai untuk sejauh 75 kilometer.

"Kita mulai sepanjang 75 km dari Kota Sorong, Kabupaten Sorong hingga Ayamaru di Kabupaten Maybrat," tambahnya.

Ilustrasi rel
Ilustrasi rel kereta api. Foto: Pixabay

Max mengutarakan, tim survei sudah di lapangan mendata lahan dan bangunan untuk proses pembebasan lahan.

Ia berharap, ada sharing anggaran antara provinsi, kota/kabupaten serta pemerintah pusat dalam proses pembebasan lahan tersebut.

"Tentu membutuhkan anggaran yang tidak sedikit dan kami berharap pembayaran lahan nanti sesuai NJOP (nilai jual obyek pajak)," sambungnya.

Baca Juga

Arti dan Istilah Dalam Perkeretaapian Indonesia yang Harus Kamu Ketahui

Ia menambahkan, secara keseluruhan jalur kereta api yang akan dibangun dari Sorong menuju Manokwari sepanjang 500 km. Pada proyek ini, Papua Barat menjadi perhatian pusat. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH