Pembangunan Dermaga Marunda Dimulai Tahun 2016

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Sabtu, 28 November 2015
Pembangunan Dermaga Marunda Dimulai Tahun 2016
Pekerja melakukan pengecoran Dermaga Muara Angke di Jakarta, Kamis (5/11). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

MerahPutih Bisnis - PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) (Persero) telah sepakat bersama pemerintah untuk melakukan pembangunan dermaga di kawasan Marunda, Jakarta Utara. Pembangunan rencananya akan dilakukan awal tahun 2016.

"Pembangunan rencananya akan dimulai tahun 2016 dan selesai ditahun 2017," ujar Direktur Utama KBN Sattar Taba sambil menunjukan posisi pelabuhan yang akan dibangun kepada awak media, di Marunda, Jakarta Utara, Sabtu, (28/11).

Pembangunan dermaga baru, kata Sattar, menelan biaya investasi sekitar Rp2,2 triliun. Namun, belum termasuk dengan pengadaan mobile crane senilai Rp1,1 triliun.

"Kalau bangun dermaga saja itu belum termasuk crane Rp 1,1 triliun. Tapi total investasi, termasuk peralatan Rp 2,25 triliun," ujarnya.

Dermaga Marunda ini akan memiliki lebar 8 meter dan panjang 1.300 meter. Area dukung pelabuhan disisi barat seluas 20 hektare. Dengan kedalaman 8 meter, KBN mampu melayani kapal dengan bobot 15.000 Deadweight Tonnage (DWT).

Dermaga tersebut juga nantinya tidak hanya akan dimanfaatkan sebagai pelabuhan untuk jalur distribusi barang atau coastal shipping, tetapi juga sebagai pelabuhan penumpang.

"Rencananya, panjangnya 1.300 meter. Peruntukannya untuk coastal shipping dan multipurpose kemudian melayani pembangkit, penumpang. Di situ juga rencananya bakal dibangun PLTG 2X1000 MW. Terus untuk mendukung dry port san terminal gas," pungkasnya. (rfd)

BACA JUGA:

  1. Jokowi Tinjau Pelabuhan JIIPE Gresik
  2. Polisi Perketat Pengamanan Pelabuhan "Tikus"
  3. Pengerjaan Jalur Kereta Barang Pelabuhan Tanjung Priok Dikebut
  4. Denda Keterlambatan Bongkar Muat Barang di Pelabuhan Batal Dinaikan
  5. Demonstrasi di Pelabuhan Tanjung Priok
#Liputan Khusus #Sattar Taba #PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) # Dermaga Marunda
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan