Pembalap Indonesia Menangi Etape Kedua TDF Sejumlah pebalap melewati garis start Etape 2 Balap Sepeda Tour de Flores (TDF) 2017 di Maumere, NTT, Sabtu (15/7). (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

MerahPutih - Etape kedua lomba balap sepeda jalan raya internasional Tour de Flores (TDF) yang finis di Kota Ende, NTT, Sabtu (15/7), akhirnya dimenangi pebalap Indonesia Muhammad Imam Arifin.

Pebalap dari KFC Cycling Team Indonesia tersebut mencatat waktu empat jam 2 menit 8 detik setelah menempuh jarak 142,8 kilometer dari Kota Maumere.

Ia finis bersamaan dengan pebalap dari tim Futuro Pro Cycling Australia Nick Miller saat memasuki garis finis di Ende.

Urutan ketiga ditempati pebalap Felipe Marcelo dari tim 7-Eleven Filipina, sedangkan urutan keempat Thomas Lebas dari Prancis.

Empat pebalap terdepan tersebut masuk finis bersamaan.

Kemenangan pebalap Indonesia di ajang Tour de Flores ini disambut ribuan warga yang memadati Lapangan Pancasila, Kota Ende, yang menjadi arena finis peserta.

Bupati Ende Marcelinus YW Petu hadir dalam acara tersebut untuk menyerahkan hadiah bagi para pemenang.

Imam Arifin pada etape kedua ini juga berhak atas gelar pebalap terbaik untuk kategori peserta Indonesia dan Asia.

"Luar biasa, saya senang sekali. Ini perjuangan bersama rekan-rekan kami di KFC Cycling Team," kata Imam setelah menyelesaikan lomba tersebut.

Untuk kategori raja tanjakan, diraih oleh Keisuke Aso Jepang, sedangkan "best sprinter" Hyeongmin Cho dari Korea Selatan.

Setelah dua etape, klasemen sementara dipimpin oleh Nick Miller yang memiliki catatan waktu tujuh jam 30 menit 58 detik. Pebalap berkebangsaan Selandia Baru itu pada etape pertama kedelapan.

Kini ia berhak memakai rompi kuning untuk etape selanjutnya Ende-Mbay (83.3 km).

Imam Arifin sementara menduduki urutan kedua dalam klasemen umum, 23 detik berikutnya.

Juara etape pertama, Drew Morey dari Terengganu Cycling Team, merosot ke urutan 10 klasemen umum.

Untuk kategori tim, Kinan Cycling Team dari Jepang menempati urutan pertama, disusul KFC Cycling Team Indonesia, dan 7-Eleven Team Filipina.

Pada etape kedua, sebagian besar rute yang harus dilalui peserta merupakan kawasan penggunungan diselingi tikungan-tikungan tajam. (*)

Sumber: ANTARA




Tags Artikel Ini

Yohannes Abimanyu

YOU MAY ALSO LIKE