Pemasok Makanan untuk KKB Kali Kopi Pimpinan Joni Botak Diringkus

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 17 Maret 2021
Pemasok Makanan untuk KKB Kali Kopi Pimpinan Joni Botak Diringkus
Ter Jangkup, anggota KKB Kali Kopi pimpinan Joni Botak dikawal aparat bersenjata lengkap dihadirkan saat konferensi pers di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Rabu (17/3/2021). (ANTARA/Evarianus Supar)

Merahputih.com - Aparat gabungan TNI-Polri di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua menangkap seorang simpatisan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Kali Kopi pimpinan Joni Botak yang berencana memasok bahan makanan untuk kelompok bersenjata itu. Tersangka atas nama Ter Jangkup bersama tiga rekannya ditangkap di Jalan Trans Papua Timika-Nabire.

Penangkapan berawal ketika aparat gabungan mencurigai sebuah mobil putih dengan nomor polisi PA-1629-MM melaju kencang ke arah PT PAL (Pusaka Agro Lestari).

Baca Juga

Dua Oknum Polisi Penjual Senjata ke KKB karena Faktor Pertemanan

"Mobil tersebut kemudian dihentikan dan tim kami mengamankan empat orang," ungkap Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata dikutip Antara, Rabu (17/1).

Berdasarkan catatan polisi, Ter Jangkup yang berada dalam mobil Toyota Avanza berwarna putih itu diketahui pernah terlibat penembakan mobil PJJ Brimob dan Bus PT Freeport Indonesia di Utikini, Distrik Tembagapura pada 8 Maret 2020.

Selain menemukan aneka bahan makanan yang hendak disuplai ke KKB Kali Kopi pimpinan Joni Botak, aparat juga menyita beberapa telepon genggam milik Ter Jangkup.

Ter Jangkup, anggota KKB Kali Kopi pimpinan Joni Botak dikawal aparat bersenjata lengkap dihadirkan saat konferensi pers di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Rabu (17/3/2021). (ANTARA/Evarianus Supar)

Di dalam telepon genggam itu terdapat sejumlah foto Ter Jangkup tengah bersama anggota KKB lainnya.
Pada salah satu foto, Ter Jangkup memegang senjata api M-16 didampingi Otis dan Juliame (keduanya sudah tertangkap dan diproses hukum) serta DD yang hingga kini masih menjadi buronan pihak kepolisian.

"Foto-foto itu diambil sebelum rombongan KKB gabungan yang dipimpin Lekagak Telenggen melakukan serangkaian penembakan di wilayah Distrik Tembagapura," tutur Era Adhinata.

Sementara, tiga rekan Ter Jangkup yang ikut diamankan kini sudah dilepas lantaran tidak memiliki rekam jejak terlibat berbagai tindak kriminalitas.

Ia menegaskan jajaran TNI dan Polri di Mimika tidak akan berhenti untuk melakukan proses penegakan hukum terhadap para pelaku kekerasan bersenjata di wilayah itu. Tim gabungan juga mendapatkan banyak informasi bahwa ada rencana KKB pimpinan Joni Botak untuk meminta bahan makanan.

Baca Juga

KKB Papua Bakal Berhadapan dengan Polwan Brimob Tangguh

"Kami akan berusaha untuk mencegah masuknya bahan makanan untuk membantu kelompok itu, apalagi senjata api dan amunisi," ujarnya.

Ia mengakui bahwa Jalan Trans Papua rute Timika-Nabire selama ini menjadi salah satu jalur pemasok bahan makanan maupun senjata api dan amunisi bagi KKB. Dimana di lokasi itu aparat sudah beberapa kali menggagalkan rencana suplai bama ke gerombolan bersenjata yang selama ini beroperasi di wilayah hutan rimba Papua. (*)

#Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)
Bagikan
Bagikan