Pemanggang Perlu Dibersihkan Biar Awet

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Sabtu, 10 Juli 2021
Pemanggang Perlu Dibersihkan Biar Awet
Membersihkan pemanggang amat mudah. (Foto: Unsplash/Danny Gallegos)

HABIS barbecue-an di malam minggu jangan langsung molor ya. Pemanggang sama seperti piring, mesti rutin dibersihkan. Sayangnya sebagian orang malas membersihkan pemanggang karena merasa masih bisa digunakan beberapa kali.

Memang sih, pemanggang tetap bisa digunakan walaupun bekas arang membuat area sekitar pembakaran berkerak hitam. Namun, hasil cita rasa makanan yang dihasilkan bisa berbeda. Kamu tidak mau kan sisa-sisa bakaran daging pekan lalu menempel di makanan kamu hari ini?

Baca juga:

Pakaian Licin tanpa Setrika

Oleh karena itu, bersihkan pemanggang agar terawat dan awet. Menurut Lifehacker, ada beberapa langkah untuk membersihkan pemanggang, antara lain:

1. Bersihkan grill grate setiap selesai memanggang

Grill grate bagian paling kotor. (Foto: Instagram/@foodlover.plg)

Awali dengan membersihkan grill grate. Bagian ini paling kotor dan sering lengket karena bekas memanggang daging atau jagung bakar. Nah, grill grate perlu kamu bersihkan setiap selesai memanggang.

Jangan tunggu grill grate dingin. Biarkan grill grate tetap panas selama lima menit, kemudian bersihkan menggunakan sikat kawat. Suhu panas akan menghanguskan residu yang menempel dan langsung mengelupas.

Sikat berulang kali sampai seluruh kotoran menempel hilang. Kamu juga bisa menyikatnya dengan kertas timah atau pembersih pemanggang lainnya.

Kotoran tetap menempel dan tidak mau lepas? Alternatif lainnya, grill grate bisa dibersihkan menggunakan campuran baking soda dan sabun cuci piring.

2. Wadah pemanggang bersihkan seminggu sekali

Wadah pemanggang cukup dibersihkan tiap minggu. (Foto: Unsplash/Vincent Keiman)

Setelah lama memanggang bagian dalam wadah pemanggang pasti kotor. Abu arang dan kerak hitam dari daging terbakar akan jatuh ke dalam wadah.

Wadah pemanggang tidak perlu dibersihkan setiap hari. Idealnya cukup dibersihkan seminggu atau sebulan sekali. Tapi tergantung lagi seberapa sering kamu memanggang. Jika sudah berbau dan berminyak, segera bersihkan.

Baca juga:

Peliharaan Lucu dengan Perawatan Minim

Mulailah dengan memungut semua abu arang. Selanjutnya ambil seember air sabun hangat, dan bersihkan menggunakan lap basah. Gunakan pula bantalan wol baja jika masih ada residu yang membandel.

3. Swiffer dan kain mikrofiber untuk membersihkan bodi pemanggang

Kain mikrofiber ampuh untuk membersihkan bodi pemanggang. (Foto: Unsplash/Marcel Kovacic)

Pemanggang pasti sering kamu gunakan di area outdoor. Tahu sendiri kan di luar rumah banyak debu beterbangan. Alhasil, bodi pemanggang juga kotor. Belum lagi ada cipratan olesan kecap menempel di bodi pemanggang.

Untuk membersihkan bodi pemanggang cukup menggunakan swiffer atau kain mikrofiber. Semprot terlebih dulu bodi pemanggang dengan pembersih kaca kemudian seka menggunakan swiffer atau kain mikrofiber. Bodi pemanggang akan kembali mengkilap seperti baru. (jhn)

Baca juga:

Hijabers, Rambutmu Juga Perlu Dirawat

#Lipsus Bulanan Juli
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan