Pemanfaatan Blockchain pada Properti Tanah Blockchain dapat memberikan solusi properti. (Foto: Pixabay/xresch)

PERSOALAN hak milik tanah tidak dapat dianggap sepele. Klaim antar pemilik terbawa hingga ke pengadilan. Butuh waktu lama untuk mendapatkan klaim pemilik yang sebenarnya. Namun hal itu dapat terbantukan bila menggunakan teknologi blockchain.

India telah melihat teknologi blockchain sebagai solusi untuk masalah pendaftaran tanah mereka. Penipuan properti adalah salah satu masalah terbesar di India. Pada 2013, New Delhi saja memiliki 181 kasus penipuan properti yang dilaporkan.

Sementara Mumbai berada di urutan kedua dengan 173 kasus. Jadi, untuk mengatasi masalah ini, pemerintah Andhra Pradesh dan Telangana telah bermitra dengan ChromaWay startup Swedia untuk menempatkan pendaftaran tanah mereka di blockchain.

blcokchain
Blockchain melindungi properti seseorang. (Foto: Pixabay/TheDigitalArtist)

Sistem ini akan memiliki back-end blockchain dan aplikasi web front-end. Front-end akan membantu dalam abstraksi sistem secara keseluruhan. ChromaWay akan menggunakan platform database mereka sendiri yang disebut “Postchain“.

Menurut International Business Times, postchain dibangun dari bawah ke atas untuk bekerja dengan platform yang paling banyak digunakan. Kemudian mengintegrasikannya ke dalam sistem pemerintah yang dilakukan oleh sistem itu dengan lancar.

Salah satu dari banyak inovasi menarik yang mereka lakukan adalah pengenalan sidik jari digital yang aman secara kriptografi. Pertama, sebuah hash diambil dari koordinat geo bersama dengan deskripsi poligon tentang tanah. Hash ini terkait dengan ID pemilik dan hasilnya dihash lagi dan ditambahkan ke blockchain. Karena hash selalu memiliki nilai unik, maka setiap orang akan memiliki ID unik. Plus, karena ketidakmampuan blockchain, tidak ada yang dapat merusak rekaman.

blockchain
Blockchain adalah teknologi masa depan. (Foto: Pixabay/xresch)

J. A. Chowdary, Sekretaris Kepala Khusus & Penasihat TI untuk Andhra Pradesh CM N. Chandrababu Naidu mengatakan, blockchain adalah teknologi masa depan. Ini tidak hanya akan mengubah cara kita merasakan proses tetapi juga memiliki potensi untuk mengubah ekonomi.

Tentu saja, kita semua belum sepenuhnya menemukan teknologi ini dan karenanya Pemerintah Andhra Pradesh telah terlibat dengan startup dari seluruh dunia seperti ChromaWay untuk menjalankan bukti konsep di dalam departemennya sendiri. Keahlian ChromaWay dan penerapan sebelumnya di negara-negara seperti Swedia telah menambahkan nilai yang sangat besar untuk pemahaman kita tentang blockchain. (*)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH