Pemain Bintang yang Absen di Piala Dunia 2018 Winger Wales, Gareth Bale (@GarethBale11)

MerahPutih.com - Kualifikasi Piala Dunia 2018 bakal segera berakhir. Saat ini, sudah ada 23 negara yang memastikan berlaga di Rusia tahun depan.

Namun, beberapa tim langganan Piala Dunia justru gagal melaju ke putaran final kejuaraan sepak bola terbesar di jagad raya ini. Tentu saja, pemain-pemain berlabel bintang di tim tersebut juga tidak bermain.

Pesta empat tahunan tersebut tidak akan diikuti sejumlah bintang lapangan hijau. Berikut pesepakbola dunia yang hanya jadi penonton di Piala Dunia 2018

1. Gareth Bale

Cedera yang kerap dialami Bale saat membela Real Madrid ternyata berdampak ke timnas Wales. Eks Tottenham Hotspur itu tidak bermain ketika The Dragons kalah 1-0 dari Irlandia pada laga terakhir kualifikasi.

Wales yang berharap dapat tiket play-off harus turun ke posisi ketiga klasemen akhir. Mereka pun harus mengubur impiannya tampil di Piala Dunia 2018.

2. Alexis Sanchez

Sanchez menjadi andalan lini depan Chile. Penampilan eks Barcelona itu tidak terlalu bagus selama tampil di fase kualifikasi. Padahal, Sanchez menjadi bintang La Roja ketika menjuarai Copa America 2016.

Kekalahan 3-0 atas Brasil membuat Chile gagal mengikuti jejak tetangganya ke Rusia.

3. Arjen Robben

Belanda mengalami nasib terburuk dalam dua tahun beruntun. Seusai gagal ke Piala Eropa 2016, De Oranje kembali gagal berlaga di Piala Dunia 2018.

Dua gol Robben ke gawang Swedia tidak berarti apa-apa karena mereka kalah selisih gol dari tim tamu yang akhirnya melaju ke play-off. Selepas laga, Robben memutuskan pensiun dari tim nasional.

Pesepakbola 33 tahun itu akan fokus bersama Bayern Muenchen sampai akhir musim.

4. Arturo Vidal

Sama halnya dengan Alexis Sanchez, Vidal juga menjadi tulang punggung Chile. Kontribusi pemain Bayern Muenchen itu cukup vital di tim nasional.

Sayangnya, kekalahan lawan Brasil membuat bekas gelandang Juventus itu bakal menikmati pertandingan Piala Dunia lewat layar kaca.

5. Pierre Emerick Aubameyang

Aubameyang merupakan sosok penyerang berbahaya di kotak penalti lawan. Namun, kegarangan bomber Borussia Dortmund tidak menular ke timnas Gabon.

Gabon terseok-seok di Kualifikasi Piala Dunia zona Afrika. Tim berjuluk Les Panthères hanya menempati posisi ketiga klasemen Grup C dengan lima poin. Mereka gagal berlaga di Piala Dunia 2018.

6. Christian Pulisic

Pulisic yang membela Borussia Dortmund tidak akan mencicipi nikmatnya bermain di Piala Dunia 2018. Amerika Serikat gagal ke Rusia tahun depan usai dipermalukan Trinidad Tobago dengan skor 2-1 pada laga pamungkas kualifikasi zona CONCACAF.



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH