Teknologi

Peluang UMKM Indonesia Tumbuh Melalui Pengadopsian Teknologi Cloud

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 05 Mei 2021
Peluang UMKM Indonesia Tumbuh Melalui Pengadopsian Teknologi Cloud
UMKM akan mudah mendapatkan layanan cloud. (Foto: Unsplash/Kari Shea)

AMAZON Web Services, Inc. (AWS) mengumumkan jalinan kolaborasinya bersama Midtrans. Platform terbaru Midtrans yang dikembangkan bersama AWS, yakni Pojok Usaha, mendukung simplifikasi dalam pengadopsian teknologi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Platform ini menghadirkan kemudahan bagi pelaku UMKM dalam mendapatkan layanan cloud AWS serta mengakses beragam solusi bisnis dan pembayaran dari Midtrands, maupun dari mitra-mitra teknologi keduanya.

"Kami berkomitmen untuk mendukung usaha di tahap pertumbuhan manapun mereka berada saat ini, melalui solusi-solusi pembayaran kami yang komprehensif," ujar Leonard Haidy, Chief Operating Officer at Midtrans dalam berita pers yang diterima merahputih.com.

Teknologi punya peran besar dalam mendukung bisnis mengejawantahkan kembali kegiatan operasional. (Foto: Unsplash/Marvin Meyer)

Selama ini, teknologi punya peran besar dalam mendukung bisnis mengejawantahkan kembali kegiatan operasional mereka, mengembangkan basis pelanggan, hingga mengidentifikasi hadirnya peluang-peluang baru. Namun di sisi lain, tidak sedikit pelaku UMKM di Indonesia yang masih terkendala dengan minimnya penguasaan di bidang teknologi dan akses ke peranti-peranti yang terjangkau oleh mereka.

Oleh karena itu, platform ini menghadirkan kemudahan-kemudahan bagi pelaku UMKM untuk berevolusi. Caranya dengan menawarkan beragam solusi yang relevan, terjangkau dan telah terkurasi, yang dirancang untuk dapat memudahkan pelaku UMKM dalam mendigitalisasi operasional mereka dengan cepat di area-area seperti marketing, akuntansi, SDM, logistik, pembayaran dan point-of-sale, hingga dalam berkolaborasi secara daring.

Sejumlah layanan yang tersedia di platform tersebut, contohnya seperti Amazon Lightsail (virtual private server yang menawarkan semua kebutuhan untuk membangun sebuah aplikasi maupun situs web), Amazon WorkDocs (layanan kreasi konten, storage, dan kolaborasi yang aman dan dikelola secara penuh), serta Amazon Chime (layanan komunikasi yang memungkinkan pengguna bertatap muka, melakukan obrolan, hingga melakukan panggilan bisnis).

Teknologi cloud mampu membuka diraihnya peluang-peluang baru bagi perusahaan-perusahaan di industri konsumsi. (Foto: Unsplash/Ales Nesetril)

Pojok Usaha berjalan di atas layanan-layanan AWS, seperti Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2), yakni sebuah layanan web yang menghadirkan kapasitas komputasional yang aman dan bisa diskalakan ulang di cloud, serta Amazon Relational Database Service (Amazon RDS) yang memudahkan pengguna dalam menyeting, mengoperasikan, dan melakukan penskalaan database relasional di cloud.

"Teknologi cloud mampu membuka diraihnya peluang-peluang baru bagi perusahaan-perusahaan di industri konsumsi yang bergerak cepat dalam berinovasi, bertumbuh, dan memperluas bisnis mereka hingga ke kancah internasional," ucap Gunawan Susanto, Country Manager, AWS Indonesia. (ikh)

#Teknologi #CLOUD #UMKM
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan