Peluang Golkar Gabung ke Koalisi Perubahan Dinilai Kecil

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 09 Mei 2023
Peluang Golkar Gabung ke Koalisi Perubahan Dinilai Kecil
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyambangi kediaman Jusuf Kalla, Jalan Brawijaya Raya, Jakarta Selatan, Kamis (4/5). ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

MerahPutih.com - Peluang Partai Golkar untuk bergabung ke dalam Koalisi Perubahan yang dibentuk Partai NasDem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dinilai kecil.

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga menilai, sekalipun ada pertemuan antara Surya Paloh, Airlangga Hartarto, Luhut Panjaitan, dan Jusuf Kalla, hal tersebut dinilai sulit terealisasi.

Baca Juga

Nusron Wahid Tegaskan Golkar Tidak Bergabung dengan Koalisi Gerindra-PKB

“Peluang itu tampaknya kecil terwujud mengingat adanya pertemuan Surya dengan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut yang juga senior di Golkar," kata Jamiluddin di Jakarta, Selasa (9/5).

Sebagai representasi Presiden Jokowi, kata dia, Luhut tampaknya ingin Surya Paloh tetap di koalisi pemerintah dengan harapan membatalkan mengusung Anies Baswedan.

Jamilludin menilai, substansi pertemuan Surya dengan Luhut tampaknya berbeda dengan pertemuannya dengan Jusuf Kalla.

Baca Juga

Sowan ke JK, Airlangga Update Progres Koalisi Golkar

Kalau dengan Luhut, ada kemungkinan ia ingin menarik NasDem keluar dari Koalisi Perubahan. Sementara pertemuan dengan JK, peluang memperkuat Koalisi Perubahan lebih besar.

“Di lain pihak, Airlangga Hartarto juga dalam kendali Jokowi. Karena itu, Airlangga berpeluang lebih mengikuti arah politik Jokowi pada Pilpres 2014," ujarnya.

Indikasi selama ini, kata Jamiluddin, Jokowi terkesan memang tidak menghendaki Anies menjadi capres.

"Hal itu tentunya diketahui Airlangga," imbuhnya.

Dia juga menerangkan, kecil kemungkinan Airlangga akan berlabuh ke Koalisi Perubahan. Peluang itu semakin besar karena Luhut juga diperkirakan tidak menghendaki Anies Baswedan menjadi capres.

“Gambaran tersebut mengindikasikan peluang Golkar bergabung ke Koalisi Perubahan sangat kecil. Golkar akan berkoalisi dengan partai yang direstui Jokowi. Untuk itu, Koalisi Perubahan bukan pilihannya,” pungkasnya. (Pon)

Baca Juga

Golkar Perkuat Pasangan Prabowo-Cak Imin

#Surya Paloh #Luhut Panjaitan #Partai Golkar
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan