Peluang Airlangga Sebagai Cawapres Cukup Tinggi

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 08 Juni 2023
Peluang Airlangga Sebagai Cawapres Cukup Tinggi
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan keterangan pers di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Minggu (6/4/2023). ANTARA/Fauzi Lamboka.

MerahPutih.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, telah menatapkan pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

Sosok bakal cawapres di Pemilu 2024 menarik untuk dicermati. Sebab, posisinya diprediksi jadi penentu kemenangan siapapun calon presiden yang maju.

Baca Juga:

Pertemuan Zulhas-Megawati akan Jajaki Koalisi Pilpres 2024

Dengan bakal capres yang ada, hanya memunculkan tiga kandidat capres. Ketiganya yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo.

Partai Golkar dinilai harus proaktif mendorong Ketua Umum DPP Golkar, Airlangga Hartarto menjadi cawapres.

"Golkar harus merapatkan diri kepada salah satu kandidat," kata Pengamat Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing kepada awak media di Jakarta, Kamis (8/6).

Dia menilai, yang realistis saat ini bagi Golkar adalah mendorong Ketua Umum Airlangga di posisi cawapres. Karena untuk capres, sudah terlalu sulit.

"Kalau untuk capres amat sulit bagi Golkar dalam hal ini Airlangga. Tetapi sebagai cawapres bisa jadi penentu pemenang," kata Emrus.

Menurut Emrus, peluang Airlangga sebagai cawapres cukup tinggi mengingat Golkar punya kekuatan yang besar.

"Kalkulasinya kan peluang menang, ada Airlangga dan Golkar berada di situ, sudah pasti menang karena mesin politik Golkar akan bergerak," katanya.

Emrus berpendapat, jika Airlangga dipasangkan dengan Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto, hasilnya bakal meraih kemenangan.

"Artinya kemana dia merapat itu penentu pemenang," jelasnya.

Jadi tak hanya sekadar menunggu atau wait and see, tapi lebih proaktif tentu dengan kalkulasi di internal kira-kira ke Prabowo atau Ganjar

"Sementara, Anies kemungkinan besar sudah menentukan cawapresnya dari usulan internal koalisi perubahan," katanya. (Knu)

Baca Juga:

PPP Ajak PAN Dukung Ganjar di Pilpres 2024

#Pilpres #Pilpres 2024
Bagikan
Bagikan