Peluang Adian Napitupulu Jadi Menteri di Mata Jokowi Presiden Jokowi (jaket hitam) menghadiri acara halal bihalal aktivis 98, di Jakarta, Minggu. (ANT/Rangga)

MerahPutih.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyinggung nama aktivis 98 sekaligus politikus PDIP Adian Napitupulu saat membahas calon menteri kabinet di era kepemimpinannya yang kedua.

"Berkaitan dengan aktivis 98, ini adalah pelaku sejarah, memang sebagian besar sudah ada yang menjabat bupati, DPR, walikota atau jabatan lain tapi saya juga mendengar ada yang belum. Saya lihat menteri belum," kata Jokowi, mengawali pidatonya di Acara Halal Bihalal dengan Aktivis 98, di Jakarta, kemarin.

BACA JUGA: Jatah Menteri dari Golkar akan Dikurangi, PSI dan Demokrat Dapat Satu

Merespons ucapan Jokowi, Aktivis 98 yang hadir di Hotel Sahid itu langsung meneriakkan nama Adian Napitupulu. "Adian, Adian, Adian," teriak mereka dilansir Antara.

adian
Adian Napitupulu. (MP/Ponco Sulaksono)

Tanpa menyebut nama, Jokowi melanjutkan pidatonya, "Tetapi saya selalu melihat yang bersangkutan memang harus memiliki kapasitas, kepemimpinan, karakter kuat dalam mengeksekusi, memiliki keberanian sebagai eksekutor dalam setiap keputusan yang sulit seperti apapun."

BACA JUGA: Begini Kriteria dan Komposisi Menteri Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Namun, Jokowi selanjutnya mengakui memang banyak dukungan terhadap Adian untuk masuk dalam kabinet. "Saya tidak ingin menyebut nama dulu, tapi banyak yang mendukung Adian, bung Adian," kata Kepala Negara sambil tersenyum.

Lalu, Jokowi kembali menekankan dirinya enggan menyebutkan nama, maupun inisial. Presiden hanya menekankan negara membutuhkan kebersamaan semua pihak untuk bekerja sama membangun negara. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH