Pelindo II Cirebon Cuek, KSOP Turun Tangan Penyemprotan debu di jalan dalam Pelabuhan Cirebon. (MP/Mauritz)

MerahPutih.com - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Cirebon, Jawa Barat, turun langsung mengatasi debu batu bara. Langkah ini diambil karena pihak PT Pelindo II Cabang Cirebon terkesan kurang peduli dengan permasalah debu batu bara yang akhir-akhir ini dikeluhkan warga sekitar Pelabuhan Cirebon.

Kepala KSOP Kelas II Cirebon Revolindo mengungkapkan pihaknya telah memberikan teguran secara lisan kepada PT Pelindo II Cabang Pelabuhan Cirebon.

"Karena belum ada respons dari PT Pelindo II (Cabang Pelabuhan Cirebon), makanya kami (KSOP) turun langsung," kata Revolindo kepada wartawan di Pelabuhan Cirebon, Senin (4/9).

Langkah yang diambil yaitu mengumpulkan para pengusaha batu bara untuk bersama-sama KSOP melakukan upaya meminimalisirkan debu batu bara.

Menurut Revolindo, langkah ini diambil juga sebagai bentuk tanggung jawab KSOP terhadap Pemerintah Kota Cirebon dan masyarakat Kota Cirebon.

"Kami yang bertanggung jawab. Kami yang akan menangani masalah debu (batu bara) ini," tegas Revolindo.

Sementara itu dari pantauan merahputih.com di Pelabuhan Cirebon, upaya penanganan debu batu bara yang dilakukan oleh KSOP bersama pengusaha bongkar muat batu bara dilakukan dengan cara penyemprotan.

Penyemprotan debu di jalan dalam Pelabuhan Cirebon. (MP/Mauritz)

Penyemprotan dilakukan menggunakan steam yang telah dimodifikasi. Namun karena keterbatasan alat, belum semua wilayah pelabuhan dilakukan penyemprotan.

"Alatnya yang ada sekarang cuma tiga dan alat ini tidak ada dijual di Cirebon, harus pesan," papar Revolindo.

Revolindo mengklaim penyemprotan yang dilakukan pihaknya bersama para pengusaha lebih baik dibandingkan dengan penyiraman yang dilakukan oleh PT Pelindo II Cabang Pelabuhan Cirebon.

Lanjut Revolindo, pihaknya telah meminta kepada para pengusaha untuk menambah tiga unit lagi agar penyemprotan bisa maksimal sehingga debu batu bara benar-benar bisa diatasi dan Pelabuhan Cirebon bersih. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Mauritz, kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya. Baca juga berita terkait lainnya dalam artikel: Kemenhub Dukung KPK Investigasi Proyek Pengerukan Pelabuhan Tanjung Emas


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH