Pelemparan Alquran Saat Keributan di Mako Brimob Hoax

Luhung SaptoLuhung Sapto - Jumat, 10 November 2017
Pelemparan Alquran Saat Keributan di Mako Brimob Hoax
Kabagpenum Divhumas Polri, Kombes Pol Martinus Sitompul. (Foto Ist)

MerahPutih.com - Mabes Polri membenarkan adanya kericuhan antara petugas jaga dengan para tahanan kasus terorisme di Rutan Cabang Salemba di Mako Brimob, Kelapa Dua, Jawa Barat.

"Gejolak terjadi sebagai reaksi atas tindakan yang dilakukan oleh petugas jaga rutan yang melakukan penyitaan terhadap ponsel milik tahanan dalam blok C," ujar Kabagpenum Divhumas Polri, Kombes Pol Martinus Sitompul dalam keterangan, Jumat (10/11).

Akibat dari gejolak tersebut, para tahanan dari blok B dan C merusak pintu kamar sel hingga tidak dapat digunakan lagi.

Martinus juga meluruskan mengenai berita yang tersebar di media sosial bahwa ada pelemparan Alquran oleh anggota Brimob saat terjadinya kericuhan.

"Tidak benar telah terjadi pelemparan Alquran oleh petugas jaga," kata Martinus.

Menurutnya, petugas jaga melakukan pemeriksaan terhadap buku-buku dan benda-benda yang ada di dalam sel.

"Saat ini kondisi rumah tahanan sudah kondusif dan para penghuni rutan sudah tenang," jelas Martinus.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rikwanto membenarkan telah terjadi keributan antara petugas penjaga dengan tahanan di Mako Brimob Kelapa Dua.

Rikwanto menerangkan peristiwa keributan dipicu ketika penjaga melakukan pemeriksaan ruang sel tahanan. Kemudian petugas menemukan ponsel di salah satu ruangan sel dan melakukan penyitaan.

"Petugas piket Densus 88 menemukan empat buah ponsel milik empat narapidana yakni Juhanda, Saulihun, Kairul Anam dan Jumali," ujarnya.

Salah seorang tahanan, lanjut Rikwanto, tidak terima lalu berteriak-teriak kepada petugas piket Densus 88 untuk memancing emosi.

Sementara itu tahanan lainnya, turut memperkeruh keadaan dengan takbir keras-keras sehingga memancing napi lain yang ada di ruang sel sebelahnya. Petugas piket dari Sat Pelopor melepaskan tembakan peringatan untuk meredam chaos sekaligus sebagai peringatan kepada tahanan. (Ayp)

Baca juga berita terkait lainnya di: Tahanan di Mako Brimob Ngamuk Rusak Beberapa Fasilitas

#Terorisme #Mako Brimob
Bagikan
Bagikan