Kecantikan

Pelembap Produk Penting bagi Perempuan Indonesia

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Kamis, 08 Desember 2022
Pelembap Produk Penting bagi Perempuan Indonesia
Pelembap menjadi salah satu bahan yang penting untuk skincare saat ini. (Foto Unsplash Kalos Skincare)

PARA perempuan merapat. Kamu pasti punya berbagai produk skincare yang kerap dipakai dan dibawa ke mana pun. Chief Operating Officer MarkPlus Institute Yosanova Savitry mengungkapkan rupanya pelembap menjadi salah satu produk perawatan kulit yang penting bagi perempuan di Indonesia.

"Pelembap menjadi salah satu bahan yang penting untuk skincare saat ini, bukan hanya whitening, menghilangkan jerawat. Karena kalau kita ngopi saja, kulit menjadi kering. Jadi, harus kita kembalikan lagi kelembapannya," kata Yosanova, dilansir ANTARA, Rabu (7/12).

Baca Juga:

Apakah Trik Foaming Micellar Water di Tiktok Benar-benar Berhasil?

Temuan ini merujuk pada ZAP Beauty Index 2023, survei tahunan yang bekerja sama dengan MarkPlus dalma memotret perilaku perempuan Indonesia mengenai dunia kecantikan. Tahun ini, survei itu melibatkan sekitar 9.000 responden perempuan atau meningkat sebanyak 3.000 orang dari 2021. Para responden ini berusia 15 hingga 65 tahun di seluruh Indonesia.

Kesadaran perempuan terhadap produk perawatan kulit semakin tajam seiring informasi yang cukup luas. (Foto: Unsplash/Raphael Lovaski)

Produk perawatan kulit dengan manfaat melembapkan lebih banyak dicari sebanyak 60 persen dibandingkan manfaat antijerawat, yang selama beberapa tahun terakhir menduduki peringkat teratas. Pada tahun sebelumnya, sebanyak 53,8 persen perempuan lebih mencari manfaat antijerawat dan 53,6 persen mencari manfaat melembapkan.

Lebih lanjut, setidaknya ada empat produk perawatan kulit yang digunakan perempuan termasuk pelembap, yakni pembersih wajah atau facial wash, tabir surya, dan toner.

"Kalau dulu two atau three in one mungkin cukup. Sekarang tidak. Semakin detail semakin berasa impact-nya masing-masing. Minimal facial wash, sunscreen, moisturizer dan toner," tutur Yosanova.

Baca Juga:

Kesalahan dalam Menerapkan Airbrush Makeup

Menurutnya, merujuk pada survei, kesadaran perempuan terhadap produk perawatan kulit semakin tajam seiring informasi yang cukup luas. Ini menjadikan perempuan lebih pintar dalam memilih produk yang cocok dengan kulit mereka. Hal ini sejalan dengan temuan lain dalam survei, yakni perawatan sebagai kegiatan yang disukai perempuan di Indonesia terkait dengan kecantikan. Sebanyak 36,2 persen responden mengaku melakukan perawatan kulit wajah di klinik sebagai hobi.

Setidaknya ada empat produk perawatan kulit yang digunakan perempuan termasuk pelembap. (Foto: Unsplash/Content Pixie)

"Lebih dari 50 persen perempuan Indonesia menganggap kegiatan yang berkaitan dengan perawatan kulit lebih menarik dibandingkan belanja pakaian, sepatu dan tas," kata Yosanova.

Facial untuk membuat wajah lebih glowing merupakan jenis perawatan yang disukai lebih dari 50 persen perempuan di Indonesia saat ini. Hal ini sejalan dengan temuan mengenai fokus perempuan Indonesia terhadap kulit kusam. Definisi cantik bagi perempuan yakni kulit yang mulus dan bertubuh sehat serta bugar. (and)

Baca Juga:

Mengenal Lebih Jauh Tentang Baby Botox

#Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan